Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Libur Idul Adha, Polisi Siapkan Contraflow di Tol Cikampek

Kompas.com - 02/07/2023, 07:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hari Minggu (2/7/2023) ini diperkirakan bakal menjadi puncak arus balik cuti bersama dan libur Idul Adha yang telah dimulai sejak 28 Juni lalu.

Seperti diketahui, pemerintah resmi memutuskan libur Hari Raya Idul Adha 2023 selama 3 hari. Di mana libur Nasional yang jatuh pada Kamis 29 Juni 2023, dan cuti bersama pada Rabu 28 Juni 2023 dan Jumat 30 Juni 2023.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan, dengan adanya libur bersama dan cuti bersama di Idul Adha 2023 diprediksi akan menyebabkan peningkatan arus lalu lintas.

Baca juga: Mengenal BBM Baru Bioetanol Pertamina Pertamax Green 95

Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kemacetan di jalur Puncak Pass Cianjur imbas pemberlakuan one way sejurus peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan Puncak, Minggu (30/4/2023)

“Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri,” ujar Aan, dikutip dari laman Humas Polri (2/7/2023).

“Apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas Contra Flow satu lajur, dua lajur,” kata dia.

Selain memperlancar arus lalu lintas, polisi juga membatasi angkutan barang untuk melintas di jalan tol dan jalan arteri.

Baca juga: Foto Pembuatan SIM, Cadar Harus Dilepas

Kemudian, kepolisian juga telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa stakeholder dan jajaran untuk mengantisipasi jalur-jalur wisata, baik di Jawa dan di luar Jawa untuk mencegah kepadatan yang mengarah tempat wisata.

“Petugas Kepolisian sudah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada saat terjadi kepadatan di jalur-jalur wisata ini,” ucap Aan.

“Bisa pengalihan arus kemudian bisa Contra Flow atau One Way menuju ke tempat wisata,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com