Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Ducati Akui Marco Bezzecchi Layak dapat Motor Pabrikan

Kompas.com - 01/07/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Performa Marco Bezzecchi di awal musim 2023 ikut mendongkrak tim Mooney VR46. Musim depan tim besutan Valentino Rossi tersebut ingin memiliki motor pabrikan.

Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti mengatakan, Bezzecchi memang layak menggunakan motor pabrikan. Namun, hal tersebut sulit sebab jatah motor pabrikan hanya empat motor.

Baca juga: Syarat Sertifikat Mengemudi untuk Bikin SIM Masih Tahap Sosialisasi

Saat ini ada delapan motor Ducati di MotoGP. Motor pabrikan diberikan pada tim Ducati Lenovo dan tim satelit Pramac Racing. Adapun dua tim satelit lain yaitu Gresini Racing dan Mooney VR46 pakai motor spek tahun lalu.

Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Marco Bezzecchi terkini muncul sebagai yang tercepat dalam sesi FP1 dan FP2 MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (23/6/2023). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Marco Bezzecchi terkini muncul sebagai yang tercepat dalam sesi FP1 dan FP2 MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (23/6/2023). (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Bezzecchi layak mendapatkan motor pabrikan. Kami harus memahami bagaimana hal itu dapat dikelola mengingat hanya akan ada empat motor pabrikan pada 2024,” kata Ciabatti dilansir dari Crash.net, Jumat (1/7/2023).

Mooney VR46 ingin punya motor pabrikan dengan harapan Bezzecchi tetap memakai seragam yang sama, dan tidak pindah ke Pramac Racing yang merupakan "tim bayangan" pabrikan Ducati di MotoGP.

Baca juga: Lama Cedera, Enea Bastinini Mau Perbaiki Hubungan dengan Tim Ducati

Sebelumnya, Bezzecchi juga berkata ingin tetap berada di jajaran timnya Mooney VR46 dengan menunggangi motor spek pabrikan daripada beralih ke Pramac.

Bos Ducati, Paolo Ciabatti.MOTOGP.com Bos Ducati, Paolo Ciabatti.

“Memiliki motor pabrikan adalah mimpi, tapi saya ingin di sini bersama Mooney VR46," ujar Bezzecchi.

“Orang-orang saya adalah kunci kesuksesan saya, tanpa mereka saya tidak akan dapat melakukan hal-hal ini (menang). Ducati tidak resmi (satelit) juga baik-baik saja, tetapi saya selalu ingin tim saya bersama saya," katanya.

Saat ini usai GP Belanda 2023, Bezzecchi berada di posisi ketiga klasemen dengan raihan 158 poin. Berada di belakang Jorge Martin di tempat kedua dengan 159 poin dan Francesco Bagnaia di posisi puncak dengan 194 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com