Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran IMOS 2023 Bakal Berlangsung Oktober

Kompas.com - 22/06/2023, 11:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) berencana menggelar Indonesia Motorcycle Show (IMOS) lagi pada tahun ini.

Pameran sepeda motor yang sebelumnya digelar dua tahun sekali ini siap digelar pada 25-29 Oktober 2023, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kab. Tangerang.

Kabarnya, pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini akan diselenggarakan dengan mengusung konsep baru. Salah satu pembedanya terlihat dari penamaan yang mengusung embel-embel ‘IMOS+’.

Baca juga: Sudah Punya Pabrik di RI, tapi Harga Vespa LX 125 Rakitan Lokal Makin Mahal

Yamaha luncurkan XMAX Connected terbaru di IMOS 2022Dok. YIMM Yamaha luncurkan XMAX Connected terbaru di IMOS 2022

Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran IMOS+ Sigit Kumala, mengatakan, IMOS+ dikonsepkan menjadi agenda tahunan.

Latar belakangnya dari sisi teknologi, di mana industri sepeda motor terus berkembang yang ditandai dengan makin banyaknya tipe dan teknologi kendaraan listrik di Tanah Air.

”Dengan diselenggarakan setiap tahun, industri sepeda motor dapat menyampaikan perkembangan dan update produk baru ke konsumen lebih cepat, termasuk teknologi motor listrik,” ujar Sigit, dalam keterangan resmi (21/6/2023).

Baca juga: Bocoran Bus Baru Akas Mila Rakitan Karoseri Tentrem

Penyelenggaraan IMOS+ diharapkan dapat menstimulus pertumbuhan industri otomotif yang mengalami peningkatan signifikan pasca pandemi.

AISI mencatat penjualan sepeda motor di pasar domestik kembali menguat pada 2022, setelah sebelumnya menurun drastis akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2020 angka penjualan sepeda motor sempat terkoreksi 43,5 persen (year-on-year/yoy) menjadi 3.660.616 unit, dari catatan 6.487.460 unit pada 2019.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Mobil Listrik Mercedes-Benz di Tol JORR, Tenaga Mobil Listrik Itu Instan

Ilustrasi pameran IMOS 2022Dok. IMOS 2022 Ilustrasi pameran IMOS 2022

Kondisi ini mengalami perbaikan pada tahun 2021 setelah penjualan sepeda motor naik sekitar 38 persen menjadi 5.057.516 unit.

Tren peningkatan ini berlanjut ke tahun 2022 setelah tahun lalu ditutup dengan angka penjualan 5.221.470 unit, atau tumbuh sebesar 3,25 persen.

AISI ingin terus mendorong capaian ini agar dapat kembali pada angka penjualan sebelum pandemi dengan menggelar IMOS+ sebagai salah satu sarana stimulus pasar.

“Kami yakin IMOS+ akan mempermudah pecinta sepeda motor memenuhi kebutuhannya sekaligus akan mendorong peningkatan capaian tahunan penjualan sepeda motor di Indonesia,” kata Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com