Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Resmikan Depo Suku Cadang Baru di Ternate

Kompas.com - 21/06/2023, 17:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatkan layanan purnajualnya, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menambah depo suku cadang terbaru yang didirikan di Ternate, Maluku Utara.

Depo di Ternate ini jadi salah satu rantai distribusi suku cadang Hino untuk mempermudah pelanggan, terutama di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua, untuk mendapatkan spare part yang dibutuhkan.

Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) Director HMSI mengatakan, dengan dibukannya depo suku cadang di Ternate akan memangkas waktu tunggu terutama ke berbagai lokasi tambah di wilayah Kepulauan Maluku yang saat ini jadi penghasil nikel terbesar di Indonesia.

Baca juga: Penjualan Truk Mei 2023 Naik Pesat, Hino Ranger Terlaris

"Depo baru ini menunjukkan komitmen Hino untuk terus mendekatkan diri kepada para pelanggan. Diharapkan dengan adanya depo baru ini, suku cadang akan lebih cepat atau memperpendek waktu tunggu (lead time) spare part ke konsumen di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua," kata Santiko dalam keterangan resminya, Rabu (21/6/2023).

Depo baru Hino di TernateHMSI Depo baru Hino di Ternate

Lebih lanjut dijelaskan, tambang di Kepulauan Maluku membutuhkan ketersediaan suku cadang dan waktu pengiriman yang baik. Kondisi tersebut membuat lokasi tambang harus tetap berproduksi guna menjaga ketersediaan komoditi.

Selain memenuhi kebutuhan suku cadang untuk kendaraan pertambangan, depo baru di Ternate juga memasuk kebutuhan spare part ke jaringan terdekat, seperti PT Nengmey Malut Maluku yang beroperasi di wilayah Ambon, Ternate, Halmahera, PT Nenggapratama Internusa yang terletak di Manado, Serta PT Kreasi Auto Kencana yang memberikan pasokan kebutuhan suku cadang di area Papua seperti Sorong, Jayapura, dan Manokwari.

Hino Part Depo Ternate memiliki kapasitas penyimpanan suku cadang sebanyak 4.973 item dengan bangunan depo berada di area seluas 816 meter persegi. Saat ini sudah tersedia lebih dari 17.210 pieces suku cadang.

Baca juga: Cegah Kecelakaan, Korlantas Siapkan Pelatihan buat Sopir Truk dan Bus

Sebelumnya, suplai suku cadang untuk Kepulauan Maluku diambil dari Makassar dengan waktu tunggu sekitar dua minggu. Dengan adanya depo baru, terpangkas menjadi tiga hari.

Depo baru Hino di TernateHMSI Depo baru Hino di Ternate

"Indonesia negara kepulauan yang sangat luas. Hal ini tentu saja memberikan tantangan sendiri bagi Hino untuk bisa terus menyediakan suku cadang dengan waktu yang singkat bagi konsumen. Pembukaan Part Depo di Ternate merupakan bentuk Total Support yang diberikan Hino bagi konsumen dalam mempermudah bisnis yang dijalankan," kata Santiko.

Bersamaan dengan peresmian depo suku cadang baru di Ternate, HMSI juga menjalankan agenda Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan kepada SMKN 2 Ternate. Adapaun item yang diberikan adalah mesin J08C dan stand sebagai alat praktek teknik mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com