Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kondisi Rem Mobil Bisa dari Reservoir

Kompas.com - 20/06/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Rem merupakan bagian kendaraan yang memiliki peran sangat penting dalam menunjang keselamatan pengendara.

Performa rem wajib dipastikan selalu dalam kondisi prima untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan, khususnya rem blong.

Kondisi rem sebaiknya secara berkala diperiksa ke bengkel. Namun, ada beberapa kondisi yang sebenarnya bisa dikenali dari minyak rem di reservoirnya.

Baca juga: Interval Penggantian Minyak Rem Mobil yang Benar

Tabung minyak rem mobilDicky Aditya Wijaya Tabung minyak rem mobil

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan kondisi sistem rem pada mobil sebaiknya selalu diperiksa berkala ke bengkel, namun ada beberapa kondisi bisa diperiksa dari reservoir.

“Level minyak rem akan berkurang seiring dengan pemakaian mobil, karena semakin tipis kampas rem akan membuat level minyak rem turun di batas minimal,” ucap Aji dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/6/2023).

Aji mengatakan ketika minyak rem sudah di batas minimal, ada kemungkinan terjadi pergeseran posisi mekanikal yang membuat minyak rem seakan-akan berkurang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Isi Minyak Rem Mobil, Bisa Fatal Akibatnya

minyak rem perlu dikuras dan diganti baruari purnomo minyak rem perlu dikuras dan diganti baru

Semakin tipis kampas rem, maka posisi piston akan semakin maju mendekati titik aktifnya rem. Dengan demikian, ruang minyak rem akan bertambah dan mengakibatkan levelnya turun.

“Logikanya minyak rem tidak akan berkurang karena berada pada rangkaian tertutup, dia bisa berkurang bila ada permasalahan,” ucap Aji.

Menurut Aji ada beberapa permasalah yang mungkin menyebabkan level minyak rem berkurang. Bisa karena kampas rem sudah tipis atau terjadi kebocoran minyak rem.

Baca juga: Kenali Tanda Minyak Rem Mobil Harus Segera Diganti

“Jika berkurangnya dalam kurun waktu lama, setahun atau dua tahun bisa saja disebabkan oleh kampas rem yang menipis,” ucap Aji.

Minyak rem akan berkurang bila terjadi kebocoran pada beberapa titik baik tampak oleh mata atau tidak seperti bila booster rem bermasalah.

“Selain itu bisa juga dari seal rem di setiap roda, pipanya, atau dari master rem atas, biasanya akan terdeteksi saat melakukan servis rem berkala” ucap Aji.

Baca juga: Banyak Kasus Rem Blong, Jangan Lupa Selalu Cek Kondisi Minyak Rem

Alat untuk mengecek kandungan air pada minyak remScreenshoot/Achmad Wildan Alat untuk mengecek kandungan air pada minyak rem

Berkurangnya volume minyak rem juga bisa terjadi karena penguapan, biasanya juga ditandai dengan perubahan warna.

Sehingga, ketika level minyak rem turun dan berwarna lebih gelap dari biasanya mungkin saja kualitas sudah buruk.

“Kualitas minyak rem yang sudah jelek ditandai dengan warnanya jadi agak hitam akibat meningkatnya kandungan air,” ucap Aji.

Bila kualitasnya sudah buruk, Aji menyarankan segera untuk melakukan kuras minyak rem agar performanya kembali prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com