Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Waspada Ular Bersarang di Kolong Skutik

Kompas.com - 19/06/2023, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim penghujan membuat beberapa hewan tertentu mencari kehangatan untuk tinggal. Salah satu tempat yang kerap disinggahi adalah kolong motor matik.

Reza Resdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, kolong motor matik atau tepatnya bagian dalam dek motor, sering kali jadi tempat favorit hewan-hewan untuk bersarang.

“Tikus atau hewan pengerat itu kan senang dengan tempat yang kotor, atau tempat yang bisa dijadikan sebagai sarang. Ada celah yang bisa dia tinggali, dia tandai, akhirnya jadi keterusan,” ujar Reza, kepada wartawan di Jakarta (14/6/2023).

Baca juga: Penjelasan Pelaku Pelindasan di Cakung Hanya Kena Pasal Lalu Lintas

Ilustrasi tikusTerminix Ilustrasi tikus

Reza mengingatkan, agar para konsumen untuk menjaga kebersihan motor. Tujuannya supaya hewan-hewan tersebut enggan mendekat, dan memilih tempat lain.

“Kita edukasi agar jaga kebersihan. Karena di bawah dek itu kan susah kita jangkau. Jangankan di bawah dek, ada kejadian di lampu belakang bisa jadi sarang,” ucap Reza.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah lokasi parkir motor. Sebaiknya jauh dari tempat sampah atau tempat yang kumuh.

Baca juga: Selis Luncurkan Motor Listrik Baru, Kolaborasi dengan Pabrikan Korea Selatan

“Kemudian pada saat menyimpan motor, penggunanya aware untuk memarkirkan motor di tempat yang bersih,” kata Reza.

“(Ular juga sering) iya, karena di bagian bawah itu kan dekat sama mesin, jadi kalau motor habis dipakai itu hangat, terus ada ruang,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com