Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Toyota Bisa Pakai Transmisi Manual Mulai 2026

Kompas.com - 15/06/2023, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota mengembangkan mobil listrik tidak hanya semakin canggih, tapi juga tetap menyenangkan untuk dikendarai. Salah satunya adalah dengan menyiapkan sistem transmisi manual.

Girboks manual untuk mobil listrik sebelumnya pernah dipamerkan pada purwarupa Lexus tahun lalu. Bahkan, sistem transmisi ini lengkap dengan suara deru mesin buatan dan suara perpindahan gigi.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota Akan Gunakan Baterai Solid-State, Jarak Tempuh 1.200 Km

"Seperti EV (bertransmisi) manual, kami akan memberikan kejutan dan kesenangan yang menarik kepada pelanggan kami dengan teknologi yang hanya dapat dicapai oleh produsen mobil," ujar Presiden BEV Factory Takero Kato, dikutip dari Global.toyota, Kamis (15/6/2023).

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Pabrikan lain, termasuk Dodge dan Abarth sudah menawarkan suara buatan pada kendaraan listriknya. Tapi, Toyota diklaim mampu menawarkan yang lebih baik lagi.

Tujuan dari dikembangkannya transmisi manual untuk mobil listrik adalah untuk menawarkan pengalaman berkendara yang sama seperti pada mobil bermesin konvensional.

Baca juga: Toyota Kembangkan Baterai Mobil Listrik, Jarak Tempuh 1.000 Km

Mobil listrik Toyota nantinya akan dibekali juga dengan pedal kopling, tuas transmisi, yang bekerja layaknya transmisi manual pada mobil dengan mesin pembakaran internal.

Baterai mobil listrik Toyota bZ4XDok. Toyota Baterai mobil listrik Toyota bZ4X

Artinya, suara yang dihasilkan nanti akan terintegrasi dengan seberapa dalam pedal gas diinjak. Selain itu, kemungkinan juga akan tersedia mapping untuk power delivery. Bahkan, mobil listrik bisa saja mati mesinnya jika kopling tidak digunakan dengan benar.

Semua peningkatan ini disebutkan akan didapat pada mobil listrik generasi berikutnya Toyota yang akan hadir mulai 2026.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com