Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inden Mobil Listrik EV6 GT-Line, KIA Menolak Umbar Janji

Kompas.com - 25/05/2023, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) juga turut memasarkan mobil listrik dengan menghadirkan EV6 GT-Line. Namun, inden mobil ini cukup panjang hingga KIA menolak umbar janji.

Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA, mengatakan, di antara banyak model yang dihadirkan di Indonesia, EV6 GT-Line yang indennya paling lama.

Baca juga: Biaya Servis Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Vs Kia EV6 GT-Line

"Saya sudah tidak bisa janji sekarang kalau EV6. Sebab, kita benar-benar dapat shortage supply dari pabrik," ujar Ario, saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Interior Kia EV6 GT-LineKompas.com/Nanda Interior Kia EV6 GT-Line

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu terjadi krisis cip semikonduktor yang berdampak pada industri otomotif. Kondisi ini menyebabkan beberapa model terkendala dalam proses produksi.

"Sebulan itu dari order kita di GIIAS tahun lalu sudah lumayan. Real order sudah 150-an unit, sampai sekarang saya baru dikonfirmasi kira-kira yang diterima baru 50 unit. Kita kirim ke konsumen saja baru 20 unit. Sebab, memang permintaannya secara global lagi tinggi," kata Ario.

Baca juga: Adu Fitur Kia EV6 GT-Line vs Hyundai Ioniq 5, Mana Lebih Lengkap?

"Sekarang, kita taruh enam bulan. Tapi, ini kan semua dinamis. Kadang-kadang ada ekstra berapa puluh unit untuk Indonesia. Nah, itu untuk konsumen," ujarnya.

Kia EV6 GT-LineKompas.com Kia EV6 GT-Line

Saat ini, Kia EV6 GT-Line masih dibanderol dengan harga yang sama seperti saat pertama kali diumumkan, yakni Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta). Mobil ini diimpor secara utuh langsung dari pabriknya di Korea Selatan.

EV6 GT-Line dibekali dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh. Kapasitas baterai tersebut diklaim membuat mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 506 km. Mobil ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 320 tk dan torsi 506 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com