Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Beda Jenis Bunyi Kasar pada Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 24/05/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mesin diesel masih diandalkan di beberapa mobil pribadi maupun niaga. Meski tidak seagresif model bensin, dapur pacu yang menenggak solar ini memiliki torsi yang cukup besar sehingga handal untuk beban berat.

Selain memiliki karakter yang kurang agresif untuk melakukan akselerasi, mesin diesel juga identik dengan bunyi dapur pacu yang lebih kasar daripada mesin bensin.

Meski demikian, bukan berarti mesin diesel bisa dimaklumi bila memiliki bunyi terlalu kasar. Bahkan, ada beberapa jenis bunyi kasar yang termasuk dalam gejala kerusakan berat.

Baca juga: Mobil Diesel Keliru Diisi Bensin, Biaya Perbaikannya Tembus Rp 70 Juta

Injektor merupakan komponen yang sering bermasalah pada mesin diesel Kompas.com/Erwin Setiawan Injektor merupakan komponen yang sering bermasalah pada mesin diesel

Esa Pemilik Bengkel Denso Esa Diesel mengatakan untuk membedakan bunyi kasar pada mesin diesel tentu saja dibutuhkan kemampuan dalam menganalisis yang tajam, mengingat ada beberapa jenis bunyi.

“Mesin diesel memiliki bunyi yang lebih keras daripada mesin bensin, itu sudah menjadi pengetahuan umum, tapi bunyi yang terlalu kasar pada diesel juga tidak bisa dibilang normal,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan bunyi kasar yang sering disalahartikan oleh masyarakat adalah kerusakan injektor. Kerusakan injektor faktanya juga bisa menimbulkan bunyi lebih kasar daripada biasanya.

Baca juga: Video Viral, Baru Beli Toyota Fortuner Bekas tapi Harus Turun Mesin

Mesin Innova DieselInnova Community Mesin Innova Diesel

Bunyi mesin diesel yang disebabkan oleh kerusakan injektor juga bisa beragam, ada yang berupa ketukan, desisan dan lainnya.

“Bunyi kasar ketukan bisa mengecoh sebagian orang, karena bisa saja disebabkan oleh knocking akibat injektor bermasalah, bisa juga dari rusaknya komponen dalam macam metal jalan,” ucap Esa.

Meski jenis bunyinya mirip, Esa mengatakan bisa dibedakan ketika putaran mesin ditambah. Bunyi ketukan karena knocking akibat injektor akan hilang ketika pedal gas diinjak.

“Sedangkan bunyi kasar dari metal jalan akan semakin cepat frekuensinya seiring naiknya putaran mesin, butuh jam terbang untuk memahaminya, tapi ciri-ciri umumnya seperti itu,” ucap Esa.

Baca juga: Dampak Buruk Mobil Mesin Diesel Modern Sering Diisi Solar Busuk

Mobil Bekas Toyota Fortuner Dicky Aditya Wijaya Mobil Bekas Toyota Fortuner

Bunyi injektor yang rusak juga bisa berupa desisan seperti suara udara yang bocor. Bunyi tersebut akan semakin tinggi frekuensinya seiring naiknya putaran mesin.

“Di dalam injektor ada banyak ring dan seal, ketika tekanan kompresi ini mampu menembus ring maka bunyi desisan akan muncul, ini juga perlu segera diperbaiki agar performa mesin optimal,” ucap Esa.

Jadi, bunyi kasar pada mesin diesel tidak sepenuhnya menjadi karakter bawaan, tapi ada beberapa jenis bunyi yang menandakan itu masalah serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com