Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Bunyi Berdecit pada Mobil

Kompas.com - 13/05/2023, 13:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan yang menyangkut roda dan kaki-kaki mobil terkadang bikin pusing. Kendala kerusakan bisa mendadak muncul dan membuat pengguna was-was.

Satu kendala yang biasanya dialami adalah roda berdecit atau mengeluarkan suara kasar saat mobil bermanuver. Lantas apakah penyebabnya?

Hengky, Teknisi Auto2000 Ahmad Yani mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan roda mobil berbunyi saat digunakan menikung.

“Biasanya ada dua penyebab utama utama, antara fan belt kendor atau kaki-kaki bermasalah. Supaya bisa ketahuan harus diperiksa dulu,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Aksi Raffi Ahmad Geber Motor Drag Ninja 150 RR 2 Tak

Fan beltFan belt Fan belt

Kendala yang pertama adalah fan belt bermasalah dan menganggu fungsi power steering. Ada dua opsi penanganan untuk kasus ini, yakni ganti total atau sekedar dikencangkan.

“Kalau kelihatannya masih bagus ya tidak usah ganti baru, cukup dikencangkan saja. Yang jadi masalah itu kendornya,” ujar dia.

Adapun untuk kendala yang kedua yaitu karena kaki-kaki bermasalah. Menurut Hengky, ini adalah satu kendala yang cukup sering dijumpai setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh dan melewati jalan kurang rata.

Penanganannya cukup serupa dengan kasus pertama, yakni dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Akan tetapi, seringkali kaki-kaki sudah terlanjur rusak dan harus diganti.

“Seringnya ditemui kasus kaki-kaki yang sudah oblak (rusak), ini harus diganti. Mungkin kalau kendalanya minor, bisa dilakukan spooring saja,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com