Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Akan Luncurkan 10 Mobil Listrik pada 2026, Pakai Platform Baru

Kompas.com - 12/05/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota sudah merilis laporan finansial untuk tahun fiskal 2023. Dalam laporan tersebut, dijelaskan juga mengenai target masa depan terkait mobil listrik.

Dikutip dari Global.toyota, Kamis (11/5/2023), Toyota Motor Corporation (TMC) akan meluncurkan 10 model battery electric vehicle (BEV) hingga 2026.

Baca juga: Buntut Skandal Tes Tabrak, Toyota Tahan Penjualan Vios

Dalam presentasi yang dirilis, Toyota akan meluncurkan dua model mobil listrik di segmen mobil mewah, dua model di segmen SUV tujuh penumpang, pikap listrik alias Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) BEV, dan satu model mobil sport listrik, serta beberapa model lainnya.

Mobil listrik terbaru Toyota akan menggunakan platform baruDok. Toyota Mobil listrik terbaru Toyota akan menggunakan platform baru

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Toyota akan meluncurkan SUV 3 baris untuk pasar Amerika pada 2025. Sedangkan dua mobil listrik baru akan meluncur pada 2024 untuk pasar China, melengkapi bZ4X dan bZ3.

Untuk IMV BEV yang disebut-sebut sebagai Hilux EV, dipersiapkan untuk pasar Asia dan negara berkembang lainnya. Produksinya dikabarkan akan mulai pada akhir 2023.

Baca juga: Toyota bZ4X Jadi Mobil Resmi di KTT ASEAN 2023

Selain itu, ditengarai Toyota juga mempertimbangkan beberapa mobil konsep, termasuk Tacoma EV, Crown EVs, dan bZ Compact SUV.

Mobil sport listrik Toyota yang masih berstatus mobil konsepDok. Toyota Mobil sport listrik Toyota yang masih berstatus mobil konsep

Semua mobil listrik tersebut akan menggunakan platform yang baru. Namun, belum disebutkan nama apa yang diberikan untuk platform tersebut.

"Model baru kami yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2026 akan dibangun di atas tiga platform baru, yakni bodi dan sasis, platform elektronik, dan platform perangkat lunak," kata Presiden dan CEO Toyota Koji Sato.

"Semuanya akan diperbarui karena kami bertujuan untuk mencapai mobilitas melalui pengemasan kendaraan baru dengan struktur rasional yang unik untuk BEV," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com