Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bebek Kerap Seliweran di Jalur Offroad

Kompas.com - 09/05/2023, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat main motor trail di jalanan offroad, kadang kerap melihat para warga lokal yang dengan santai melibas jalanan yang sama. Bahkan, motor yang digunakan kerap tidak sesuai dengan trek, yakni pakai motor bebek.

Misal seperti pada video yang diunggah akun Bandar TikTok belum lama ini. Terlihat seorang pengendara memacu motor bebeknya melewati tanjakan yang cukup curam dengan jalanan tanah.

Pengendara tadi bersama penumpangnya bisa melibas tanjakan dengan aman. Padahal kelihatannya tidak banyak ubahan yang dilakukan, cuma bagian bodi saja dicopot, ban tampak masih standar.

Baca juga: Update Harga Motor Bebek Mei 2023, Yamaha dan Honda Ada Kenaikan

@shoppe_link_produk bebek bukan sembarang bebek ????#trail #bebek #gunung #fyp #fyp? ? suara asli - Cek link Produk ???????? - Bandar TikTok

 

Kalau melihat dari kejadian tersebut, Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, semuanya kembali ke kebiasaan orang dan cara berkendaranya.

"Secara teknik berkendara, sebenarnya tergantung kebiasaan dan kemampuan pengendara dalam menguasai motornya saja. Jika orang yang sudah terbiasa melewati jalur offroad, maka tidak kesulitan, berbeda dengan pemula," ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Biasanya, kejadian seperti ini direkam oleh para pehobi trail yang sedang istirahat di trek. Tentu kemampuan orang yang sering melewati jalanan tersebut memakai motor bebek kadang membuat tercengang.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Lebih Kuat Nanjak jika AC Dimatikan?


"Memang biasanya kalau akamsi (warga di daerah tersebut) lebih menguasai (medan)," ucap Agus.

Jadi memang ada perbedaan skill antara orang yang sering melintas di daerah tersebut dan para pehobi yang cuma sekali-sekali saja. Tentu masyarakat lebih hafal kondisi jalan yang dilewati, makanya lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com