Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Alphard Disiksa Lewat Jalan Rusak dan Berlumpur

Kompas.com - 08/05/2023, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalanan yang rusak di Indonesia saat ini sedang ramai dibicarakan. Bahkan beberapa titik di Sumatera jadi sorotan karena diunggah ke media sosial dan jadi viral.

Misal seperti di Lampung, infrastruktur jalan yang kurang bagus dikritik, bahkan sampai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo datang berkunjung.

Lalu ada lagi di daerah Labuhanbatu, Sumatera Utara, di mana jalanan sudah sangat rusak sampai berlumpur.

Soal kondisi jalan yang rusak, tentu butuh keterampilan khusus kalau mau dilewati. Tapi ada satu video unik yang diunggah akun @mas..aj di TikTok yang memperlihatkan Toyota Alphard  disiksa dengan melibas tanjakan berlumpur.

Baca juga: Toyota Alphard Versi KW Hadir di China

@mas..aj Membalas @alfanck12 mau heran tapi ini Sumatra.. #StarRailChallenge #alphard #alphardindonesia #offroadtiktok #sumatra #jalanrusak #viral ? DJ Diamonds In The Sky - Rizki YETE Remix

 

Tampak pada video tersebut, awalnya Alphard dengan mudah melibas tanjakan. Tapi saat di tengah-tengah, tampak ban sudah tidak mencengkeram permukaan jalan yang berlumpur dan sedikit tergelincir.

Menanggapi video tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, kalau lihat jalanan yang dilintasi tadi, mobil untuk off-road sekalipun bisa kesulitan.

"Banyak fasilitas jalan rusak karena overload truk-truk sawit atau batu bara. Ada persyaratan khusus untuk mobil yang mau melintasi daerah tersebut, paling utama pakai sistem penggerak 4x4," kata Sony kepada Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Lebih Kuat Nanjak jika AC Dimatikan?


Bukan itu saja, pastikan ban sudah diganti dengan tipe Mud Terrain (M/T) dan punya ground clearance yang tinggi. Pengemudi juga harus terampil, memilih jalan dan bagaiaman teknik mengemudikan dengan benar.

Jadi menurut Sony kalau mau melintasi jalanan seperti di atas, maka harus direncanakan, begitu juga pilihan kendaraan yang mau digunakan. Bukan sembarang nyaman, tapi kalau malah tersangkut, itu yang merepotkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com