Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab AC yang Tak Dingin Saat Mobil Terjebak Macet

Kompas.com - 02/05/2023, 13:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pengguna mobil, khususnya yang tinggal di kota-kota besar mungkin pernah mengalami kendala seperti Air Conditioner atau AC yang tidak dingin saat mobil terjebak macet.

Pada situasi normal dan mobil berjalan AC akan terasa sejuk, namun ketika kondisi jalanan macet dan kecepatan rata-rata mobil menurun, AC mendadak terasa tidak dingin.

Lalu apakah penyebab terjadinya situasi ini?

Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil menjelaskan, umumnya AC mobil yang tidak dingin disebabkan dua kendala, yakni ada masalah di komponen evaporator atau masalah di komponen kondensor.

“Kadang-kadang masalah ini cuma karena evaporator kotor. Kalau evap kotor, sistem pendinginan mobil memang sedikit tersumbat dan baru bisa prima saat mobil dipakai jalan di kecepatan normal,” ucap dia kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Baca juga: Daftar Harga SUV Murah Usai Lebaran, Mei 2023

Kondensor bocorErwin Setiawan Kondensor bocor

Solusi penaganan evaporator juga cukup mudah, yakni hanya sekedar cuci dan membersihkan partikel kotoran yang tersumbat.

Kendala yang merepotkan justru masalah pada kondensor AC. Menurut Zaki, kondensor yang bermasalah biasanya berkaitan dengan radiator yang juga bermasalah.

“Misalnya semua komponen AC normal, evap bersih, dan filter AC juga masih bagus, biasanya yang bermasalah justru kondensor AC dan ujung-ujungnya berhubungan sama radiator mobil. Kalau radiator bermasalah pasti mesin mobil juga bermasalah, begitulah rentetannya,” ucap dia.

Zaki mengatakan, mesin mobil yang mengalami overheating akibat pendinginan yang tidak sempurna akan sangat mempengaruhi suhu AC.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Tipu, Ini Tips Menghindari Bengkel Mobil Curang

Kipas RadiatorKompas Kipas Radiator

 

Jika mesin bermasalah dan mobil ada pada posisi terjebak macet, bisa diprediksi suhu AC akan cukup meningkat.

“Fungsi AC untuk mendinginkan kabin, fungsi radiator untuk mendinginkan mesin. Jadi memang keduanya berhubungan sekali. Kalau sampai radiator bermasalah dan temperatur mesin naik, pasti pendinginan AC juga akan terpengaruh,” kata Zaki.

Menurut Zaki, AC yang sehat tapi terkendala saat situasi macet seharusnya bisa menjadi indikator awal adanya masalah di komponen radiator.

Jika pengguna mengalami situasi ini, sebaiknya mobil segera diperiksakan supaya bisa ditangani sejak dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com