Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Gova F600 Meluncur dengan Sistem Tukar Baterai Kilats

Kompas.com - 13/04/2023, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kilats Energy Indonesia, anak perusahaan Kilats PTE LTD Singapura mendapatkan hak eksklusif untuk menidstribusikan motor listrik dari Niu serta sistem penggantian (swap) baterai di Indonesia.

Indonesia menjadi negara pertama yang bisa menikmati motor baru Gova F600 dengan sistem pertukaran baterai yang dirancang bersama Kilats.

Gova F600 merupakan motor listrik yang dirancang dengan menggabungkan tenaga, kenyamanan, dan juga keamanan untuk memberikan pengalaman berkendara yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi jalan di Indonesia.

Baca juga: Skema Kredit Niu NQI Sport 26, Uang Muka Rp 1 Juta

Motor listrik baru Gova F600 yang dibawa KilatsDOK. KILATS Motor listrik baru Gova F600 yang dibawa Kilats

Gova F600 punya spesifikasi motor listrik 3.000W dengan torsi 24 Nm, hasilnya punya kecepatan puncak 70 Kpj.

Baterai yang digunakan adalah hasil rancangan Kilats, dengan sepsifikasi 72V20Ah yang bisa ditukar (swap battery).

CEO Kilats Vincent Yap mengatakan, Gova F600 dengan dua baterai bisa menempuh jarak 80 Km sampai 120 Km. Jadi bisa menjelajah lebih jauh dengan sistem tukar baterai yang mudah.

Sistem penukaran baterai dengan nama Kilats Swap 2.0 ini punya tujuan untuk mengatasi masalah motor listrik di Indonesia, yakni soal lamanya pengecasan sampai dan jarak tempuh yang terbatas.

Baca juga: Hindari Kemacetan, Masyarakat Disarankan Mudik mulai Hari Ini

Pengguna nantinya bisa menukar baterai kendaraan mereka dengan baterai yang baru di stasiun penukaran yang akan tersebar di beberapa tempat.

Selain Gova, Kilats Swap 2.0 ini juga akan melayani merek sepeda motor lainnya dengan basis baterai yang sama.

“Sistem pertukaran baterai ini nantinya akan sangat membantu bagi para pengguna motor listrik. Disamping memperluas daya tempuh, dengan pertukaran baterai, pengguna bisa menghemat secara signifikan dalam penggunaan baterai dengan tidak perlu mengganti baterai baru tiap lima tahun,” kata Vincent dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (13/4/2023).

“Gova F600 ini, kami rancang khusus untuk memenuhi ekspektasi pengendara sepeda motor lokal dengan ukuran dan kenyamanannya," ucap Vincent.

Rencananya Gova F600 akan dirakit lokal dan Kilats Energy Indonesia bersama mitra telah membangun fasilitas perakitan untuk di Indonesia. Komponen yang dirakit seperti pengemasan baterai dan sumber suku cadang.

Sistem swap battery niuDOK. KILATS Sistem swap battery niu

Kilats akan berupaya melokalkan komponen utamanya pada tahun 2024 untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan komponen-komponen sepeda motor, terutama komponen fast moving yang selama ini dikeluhkan susah didapatkan oleh pengguna sepeda motor listrik.

Gova F600 dan penggantian baterai akan hadir di jalanan Indonesia pada bulan Agustus tahun ini. Di bawah Kilats Swap 2.0, Kilats membidik pasar B2B dan B2C yang sangat potensial di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com