Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini 28 Akses Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta | Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

Kompas.com - 11/04/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aturan ganjil genap (gage) kembali diberlakukan di DKI Jakarta pada Senin (10/4/2023) pagi. Peraturan itu juga berlaku di 28 akses menuju gerbang tol (GT).

Jadwal dan aturan yang digunakan tidak berubah, yaitu mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Pengguna mobil yang melanggar akan dikenakan denda maksimal Rp 500.000.

Selain itu, Toyota menyatakan bahwa sebuah mobil hybrid baru siap meluncur tahun ini. Menariknya, produk tersebut bakal diproduksi lokal di Indonesia. Artinya, portofolio elektrifikasi pabrikan bakal bertambah.

Sebelumnya baru ada Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang diproduksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia di Karawang, Jawa Barat yang berstatus elektrifikasi.

"Akan ada lagi model hybrid produksi lokal tahun ini, pokoknya tunggu saja," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, di Bali pada pekan lalu.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 10 April 2023 :

 Baca juga: Jelang Mudik, Jasa Marga Buka Pelebaran Lajur di Tol Jakarta-Cikampek

1. Ini 28 Akses Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta

Gerbang Tol Cikupa menjadi pintu masuk dari Jakarta menuju Banten maupun sebaliknya. Dalam waktu dekat tarif tol yang mempunyai panjang 72 km itu akan naik.Dokumentasi Astra Tol Tangerang Merak Gerbang Tol Cikupa menjadi pintu masuk dari Jakarta menuju Banten maupun sebaliknya. Dalam waktu dekat tarif tol yang mempunyai panjang 72 km itu akan naik.

Adapun penindakan bagi pelanggar rute ganjil genap tengah gencar dilakukan oleh petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Tiap hari, Satgas ETLE mobile melaksanakan patroli rutin di wilayah rawan pelanggaran untuk menertibkan pengemudi yang melintasi rute ganjil genap.

Baca juga: Ini 28 Akses Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta

2. Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

Booth Toyota pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, JakartaDok. TAF Booth Toyota pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta

Anton tidak menjelaskan detail terkait model baru tersebut. Namun, Toyota memang tengah fokus memperkenalkan sejumlah mobil elektrifikasi di pasar dalam negeri.

“Corolla Cross (GR Sport) baru kemarin di IIMS, kemudian RAV4 PHEV. Tapi nanti akan ada lagi tambahannya. Tunggu saja, pokoknya tahun ini kita akan informasikan," ucap Anton.

Sebelumnya, CEO Asia Region Deputy Chief Officer, Sales Financial Business Group, Toyota Motor Corporation Hao Quo Tien, pernah mengatakan Toyota sedang menyiapkan produk hybrid terbaru di segmen B.

Baca juga: Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

3. Pemudik Wajib Tahu Tanda Mobil Mengalami Overheat

Ilustrasi mobil mengalami overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mengalami overheat

Overheat adalah kondisi mesin sedang mengalami panas berlebih akibat terganggunya sistem pendingin. Jika dibiarkan atau dipaksakan tetap jalan, mobil bisa mengalami kerusakan khususnya di bagian mesin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com