Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Aki Mobil per April 2023

Kompas.com - 03/04/2023, 20:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akumulator atau aki jadi komponen utama yang vital pada sistem kelistrikan dalam mobil.

Selama ini ada beberapa jenis aki yang beredar di pasaran. Setiap kendaran roda empat mempunyai aki dengan ukuran maupun tipe yang berbeda-beda. Misalkan, untuk mobil mesin bensin dengan jenis diesel tidaklah sama.

Perbedaan ini salah satunya karena menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraannya, mengingat keduanya mempunya sistem mesin yang berbeda.

Baca juga: Video Anak Kecil Masuk Kolong Bus Gara-gara Klakson Telolet

Di mana rata-rata mobil dengan mesin diesel mempunyai spesifikasi mesin yang lebih besar dibandingkan dengan mobil mesin bensin. Hal ini yang membuat aki mobil diesel dan bensin berbeda.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, perbedaan jenis ini disebabkan karena tenaga yang dibutuhkan ketika pertama kali menyalakan mesin berbeda.

Beberapa jenis aki mobil.Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa jenis aki mobil.

“Ini karena adanya perbedaan dalam kapasitas mesinnya, sehingga tenaga yang dibutuhkan juga berbeda. Misalkan, di mesin diesel untuk memanaskan glow pluh saat awal starter juga lebih besar,” ucap Didi.

Bahkan, Didi menambahkan, untuk mobil dengan mesin keluaran lama membutuhkan akumulator dengan spesifikasi ampere yang cukup besar hingga mencapai 100 ampere.

“Untuk mesin lama yang membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug itu sampai 100 ampere. Kalau mesin sekarang relatif lebih kecil 70-an ampere saja,” kata Didi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna. Ia menjelaskan, pada saat mobil distarter, ada perbedaan tenaga yang mengharuskan aki menyesuaikan kapasitas mesin.

“Mobil bermesin diesel membutuhkan tenaga yang lebih besar saat pertama kali menghidupkan mesin atau starter, sehingga aki yang dibutuhkan juga lebih besar,” kata Suparna.

Karena kapasitas mesin yang lebih besar, biasanya mobil dengan mesin diesel membutuhkan tenaga aki yang juga lebih ampere-nya.

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

“Untuk starter awal kan mobil diesel lebih berat, jadi ampere baterai yang digunakan juga lebih besar. Kalau menggunakan yang lebih kecil akan drop dan baterai cepat tekor, jadi lebih baik menggunakan sesuai yang standar,” kata Suparna.

Adapun bagi Anda yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harganya, tim redaksi Kompas.com sudah menyiapkan harga aki mobil per April 2023.

Berdasarkan pantauan redaksi dari berbagai sumber, Senin (3/4/2023), banderol aki pada bulan April tidak mengalami perubahan harga, masih sama seperti Maret 2023.

Baca juga: Bisa Celaka, Jangan Pakai Motor dengan Kondisi Pelek Peang

Berikut kisaran harga aki mobil per April 2023, yang sudah tim redaksi siapkan untuk Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com