Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Road Trip ke Luar Kota, Jangan Lupa Cek Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 25/03/2023, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Perjalanan mudik ke kampung halaman perlu dipersiapkan dengan matang. Salah satunya memastikan mobil yang akan digunakan dalam keadaan prima, termasuk soal kaki-kaki.

Melakukan pengecekan kaki-kaki bisa meliputi berbagai hal; ada roda, rem, suspensi hingga penyetelan sudut-sudut roda. Semua itu perlu diperiksa sebelum mobil digunakan untuk perjalanan mudik.

Pemilik Alus Autocare Kendal Depi Rahmadi mengatakan, pemeriksaan kaki-kaki penting dilakukan sebelum mobil digunakan perjalan jauh seperti mudik ke kampung halaman.

Baca juga: Cegah Karat dan Kerusakan Kaki-kaki, Jangan Malas Cuci Kolong Mobil

perbaikan Kaki-kakiAgus Setiawan perbaikan Kaki-kaki

“Pemeriksaan kaki-kaki meliputi pemastian semua komponen suspensi dalam kondisi baik, terpasang dengan benar dan siap digunakan untuk perjalanan jauh, selain suspensi juga ada rem, roda, spooring dan balancing,” ucap Depi kepada Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Depi mengatakan, bagian kaki-kaki mobil bisa dikatakan sebagai aspek keamanan jika membicarakan perjalan jauh dengan kecepatan yang tidak pelan.

“Perjalanan mudik identik dengan melajukan kendaraan dengan kecepatan rata-rata di atas 80 Kilometer per jam (kpj) ketika berada di jalan bebas hambatan, maka dari itu mobil membutuhkan kaki-kaki yang prima,” ucap Depi.

Baca juga: Pentingnya Rutin Mengecek Sektor Kaki-kaki Mobil di Musim Hujan

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

Menurut dia, mobil yang sehat dapat menciptakan laju kendaraan menjadi stabil, nyaman, dan aman, sedangkan mobil dengan kaki-kaki yang tidak prima akan cenderung tidak mampu menciptakan kondisi tersebut.

Bisa saja mobil yang kaki-kakinya sudah rusak mengalami kemudi tidak stabil, bergetar bahkan ayunan kendaraan berlebihan.

Kondisi tersebut tentu selain mengganggu kenyamanan juga membahayakan bagi keselamatan pengendara di saat kecepatan tinggi.

Jadi, sebelum perjalanan mudik ke kampung halaman baiknya dari jauh-jauh hari sudah melakukan pengecekan kaki-kaki secara menyeluruh. Tujuannya agar mobil dapat dikategorikan layak dan aman digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com