Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Kehadiran Generasi Terbaru Honda CR-V

Kompas.com - 20/03/2023, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kode mobil baru Honda nampak di laman Samsat DKI Jakarta dan terdapat dua varian. Kode tersebut adalah RS38 T CVT dan RS58 RS CVT ZZ.

Kemudian tertulis juga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) pada kedua mobil tersebut, yakni dengan nilai jual Rp 453 juta dan Rp 500 juta.

Namun perlu digaris bawahi, NJKB bukanlah harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Baca juga: Jelang Seri Pembuka MotoGP 2023, Marc Marquez Kembali Kritik Aerobody

Kuat dugaan bahwa mobil ini merupakan CR-V generasi terbaru. Hal tersebut lantaran mobil sport utility vehicle (SUV) Honda itu sudah diperkenalkan di Thailand beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga sudah memberikan informasi soal kehadiran dua mobil elektrifikasi untuk pasar Indonesia tahun ini.

Muncul kode diduga Honda CR-V generasi terbaruINFO_NJKB Muncul kode diduga Honda CR-V generasi terbaru

Salah satunya adalah Honda CR-V hybrid, yang sudah pernah tampil di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu. Namun belum diketahui secara pasti kapan bakal resmi meluncur.

“Honda akan mengeluarkan dua model hybrid tahun ini, tahun-tahun berikutnya elektrifikasi, lainnya termasuk produksi lokal. Tunggu saja,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM di JIEXpo Kemayoran, belum lama ini.

Mengacu pada spesifikasi global, CR-V terbaru akan ditenagai oleh mesin 2.000 cc turbo dan sistem e:HEV full hybrid. Akumulasi yang dihasilkan mampu memproduksi tenaga sebesar 204 tk dan torsi yang cukup tinggi, yakni 371 Nm.

Selain itu, Honda juga tetap menyediakan CR-V dengan mesin 1.500 cc VTEC yang digadang-gadang mampu menghadirkan sensasi fun to drive. Olahan tenaga dari mesin ditransfer ke sistem penggerak roda melalui transmisi CVT.

CR-V hybridKompas.com/ApridaMegaNanda CR-V hybrid

Tak hanya itu, fitur keselamatan juga diperkuat dengan hadirnya teknologi Honda Sensing yang berguna sebagai asistensi saat berkendara.

Dari sisi eksterior, sekilas tampilannya serupa dengan CR-V yang ada saat ini. Tapi bila lebih detail lagi, ada beberapa perubahan signifikan yang membuat SUV ini tampil lebih sporty.Baca juga: Suzuki

Resmi Memperkenalkan Burgman Street 125EX di Jepang

 Bicara soal harga dan spesifikasi CR-V generasi keenam ini, Honda Thailand baru akan mengumumkan usai resmi diluncurkan pada gelaran Bangkok International Motor Show ke-44 pada 22 Maret hingga 2 April 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com