Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga LCGC Naik 5 Persen, Calya Diskon Rp 8 Jutaan

Kompas.com - 13/03/2023, 13:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Harga LCGC dipastikan mengalami kenaikan usai pemerintah mengumumkan adanya penyesuaian sebesar 5 persen. Kendati demikian yang dibatasi hanya angka maksimalnya saja. Alhasil, banderol Honda Brio dan kawan-kawan bisa lebih mahal Rp 6 jutaan. 

Menaikkan harga LCGC menjadi kepentingan pabrikan karena bahan baku mobil memang mengalami kenaikan sejak awal tahun. Sehingga, kini tidak ada diskon yang cukup besar untuk unit baru kecuali ada stok produksi tahun 2022.

Salah seorang tenaga penjual Nasmoco Bantul mengatakan diskon hanya untuk stok yang masih tersedia saja, sementara All New Toyota Agya masih belum dirilis banderol resminya.

Baca juga: Tidak Terpengaruh Kenaikan Harga LCGC, Agya dan Ayla Bekas Dijual mulai Rp 80 Jutaan

Honda Brio Satya Kompas.com/Nanda Honda Brio Satya

“Stok Agya sudah habis, ada pun All New Agya tapi belum rilis harga resminya untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah, baru mau rilis nanti 15 Maret 2023 di Pakuwon Mall, sedangkan Calya ada diskon,” ucapnya kepada Kompas.com, MInggu (12/3/2023).

Dia mengatakan diskon Toyota Calya berimbas pada pengurangan bonus-bonus lainnya seperti asuransi dan sejenisnya.

“Calya ada diskon Rp 8 juta tanpa asuransi dan sebagainya itu, hanya tersisa gratis biaya servis kendaraan 3 tahun atau 60.000 Km,” ucapnya.

Baca juga: Daftar Harga LCGC 2023, Kenaikan Agya Tembus Rp 18 juta

Daihatsu akhirnya mengumumkan harga resmi Ayla terbaru di GJAW 2023.KOMPAS.com/Nanda M Daihatsu akhirnya mengumumkan harga resmi Ayla terbaru di GJAW 2023.

Sementara itu, salah seorang penjual Daihatsu Solo Baru mengatakan potongan harga tidak ada untuk LCGC, hanya promo spesial saja karena stok lama sudah habis terjual.

“Promo DP mulai 10 persen, angsuran mulai Rp 2 jutaan per bulan, terus ada undian voucher belanja sebesar Rp 10 juta, untuk potongan harga saat ini tidak tersedia untuk LCGC,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Kendati demikian pemesanan All New Daihatsu Ayla sudah bisa dilakukan dengan banderol terbarunya.

“New Ayla NIK 2023 masih ada, dan pemesanan All New Ayla juga bisa dilakukan, ada pun selisih harganya mulai Rp 14 jutaan hingga Rp 18 jutaan, tergantung tipe, yang mahal tipe transmisi CVT,” ucapnya.

Baca juga: LCGC Naik 5 Persen, Honda Mengaku Masih Tahan Harga Brio Satya

All New Toyota Agya Kompas.com/Adityo All New Toyota Agya

Honda Brio Satya juga tidak ada diskon, tapi dipastikan harganya masih stabil tidak terdampak penyesuaian dari pemerintah.

Business Innovation and Marketing & Sales HPM PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan belum ingin memberikan penyesuaian banderol untuk model Brio Satya dalam waktu dekat.

"Karena aturannya ini baru keluar ya, baru ditandatangani. Tapi kami berterima kasih kepada pemerintah karena memang biaya produksi dan logistik naik sangat tinggi, sedang dipertimbangkan untuk adjustment harga (Brio Satya). Tapi kita lihat dulu bagaimana pasar," ucap Billy di Jakarta, Jumat (10/3/2023).

Sebagai acuan, berikut ini daftar harga LCGC (OTR) Jawa Tengah & DIY per Maret 2023 ;

Baca juga: Harga LCGC Resmi Naik Maksimal Rp 6,7 Juta

Modifikasi Toyota CalyaDoc Pribadi Hafidz Surya Kharistama Modifikasi Toyota Calya

Daihatsu Ayla

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com