Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Listrik yang Sudah Dijual di Indonesia

Kompas.com - 06/03/2023, 15:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil listrik nasional terus berkembang selama beberapa tahun belakangan ini. Pilihan mobil listrik yang sudah dijual di Indonesia juga semakin beragam.

Sekarang ini, sudah ada belasan pabrikan yang memasarkan mobil listrik di Indonesia. Tak hanya pabrikan Jepang, tapi juga China, Korea Selatan, Amerika Serikat, hingga Eropa. Sebagian besar sudah ada Agen Pemegang Resmi (APM), sebagian lainnya masuk melalui importir umum.

Baca juga: Luhut Umumkan Insentif Kendaraan Listrik Resmi Berlaku 20 Maret

Bahkan, belum lama ini juga sudah diperkenalkan dua model mobil listrik terbaru pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023KOMPAS.com/Daafa Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023

Kedua mobil listrik tersebut adalah Esemka Bima EV dan Morris Garage (MG) MG4 EV. Namun, untuk MG4 EV baru sekadar diperkenalkan, belum dipasarkan.

Sedangkan Bima EV, hadir dengan dua tipe, yakni model penumpang atau minibus dan model kargo untuk kendaraan niaga. Esemka memasarkan Bima EV mulai Rp 530 juta untuk model kargo dan Rp 540 juta untuk model penumpang.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Insentif Kendaraan Listrik Harus Lebih Baik dari Thailand

"Untuk on the road CBU ini kita jual Rp 540 juta, sementara untuk CKD nanti yang sebenarnya mudah untuk kita lakukan itu akan di bawah Rp 500 juta, sekitar Rp 450 juta," ucap Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Wuling Air evWuling Motors Wuling Air ev

Terkait spesifikasi, Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Sedangkan untuk baterainya, mengandalkan Ternary Ion-Lithium yang memiliki kapasitas 49,1 kWh. Dengan baterai tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 75 kW atau setara dengan 100 tk dan torsinya 165 Nm. Sementara jarak tempuhnya, diklaim dapat mencapai 300 km.

Toyota bZ4xKompas.com/Nanda Toyota bZ4x

Belum lama ini, Pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan insentif untuk mobil listrik. Insentif ini akan efektif berlaku mulai 20 Maret 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bila bantuan negara untuk mendorong produksi dan penjualan KBLBB diberikan untuk pembelian sepeda motor, pembelian mobil, bus listrik, dan konversi.

Mobil listrik BMW iX dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik BMW iX dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Tapi, pemberian insentif ini juga terbatas. Pemerintah akan memberikan insentif untuk penjualan mobil listrik sebanyak 35.900 unit.

"Bantuan pemerintah terhadap pembelian kendaraan listrik berlaku sampai Desember 2023. Untuk mobil karena baru ada dua produsen (mobil listrik murni) yaitu Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV, kita berikan untuk 35.900 unit," kata Agus, di Jakarta, Senin (6/3/2023).

Berikut daftar harga mobil listrik di Indonesia per Maret 2023:
BMW
i4 eDrive40 : Rp 2,108 miliar
iX xDrive40 : Rp 2,398 miliar

DFSK
Gelora Electric E-BV : Rp 484 juta
Gelora Electric E-MB : Rp 582,1 juta

Esemka
Bima EV Cargo : Rp 530 juta
Bima EV Passenger : Rp 540 juta

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com