Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Industri Otomotif, Proyek Proving Ground Dapat Pendanaan

Kompas.com - 01/03/2023, 14:06 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) pemenang tender proyek pembangunan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) mendapat dukungan dana sebesar Rp 882 miliar dari Japan Bank for International Corporation (JBIC).

Sebagai informasi, proyek proving ground adalah milik Kementerian Perhubungan yang didanai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Proyek infrastruktur untuk mendukung sektor transportasi dan industri otomotif ini membutuhkan investasi sebesar Rp 2 triliun.

Selain mendapat pembiayaan dari JBIC, proyek ini juga akan didanai kerjasama dengan lembaga keuangan swasta lainnya, sehingga total pinjaman nanti akan mencapai total Rp 1,47 triliun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kehadiran proving ground bertaraf internasional ini bertujuan untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keamanan (safety), kenyamanan dan ramah lingkungan hidup.

Baca juga: Masalah Pengereman, 26.000 Unit Mercedes-Benz G-Class Kena Recall

“Ini sangat penting agar Indonesia bisa mewujudkan potensi untuk menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia,” ucap Budi.

Proyek yang akan menjadi salah satu tonggak kerja sama kemitraan Indonesia-Jepang ini melibatkan sejumlah perusahaan nasional, seperti PT Gobel International, PT Bintang Pradipa Persada, PT Astra Daihatsu Motor, PT Hutama Karya (Persero), serta Toyota Tsusho Corporation dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN) dari Jepang.

Selain itu, proyek ini juga melibatkan konsultan IDIADA Automotive Technology SA., perusahaan global asal Spanyol yang berpengalaman lebih dari 30 tahun dan telah membangun lebih dari 100 fasilitas pengujian kendaraan yang tersebar di 22 negara dari 3 benua: Amerika, Eropa dan Asia, serta mengelola 6 technical center di dunia.

Ke 22 negara tersebut adalah AS, Brazil, Spanyol, Jerman, Czech, Inggris, India, China, Belgia, Perancis, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Polandia, Slovakia, Korea Selatan, Swedia, Thailand, Taiwan, Turki, dan Vietnam.

Wakil Ketua DPR RI/Korinbang Rachmat Gobel mengatakan, sebagai bagian dari rangkaian pembangunan infrastruktur untuk sektor transportasi, kehadiran proyek ini sangat strategis bagi pengembangan industri otomotif Indonesia ke depan.

Proyek Pembangunan Proving Ground Konsorsium IIAPG Dapat Dukungan Pendanaan JBIC?Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel (kanan), Menteri Perhubungan RI  Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Governor Japan Bank for International Corporation (JBIC) Hayashi Nobumitsu (kiri), dan Direktur Utama PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG)  Hiramsyah S. Thaib (tengah) serta  Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto (kedua kiri), usai penandatanganan  Loan Agreement  JBIC dan IIAPG untuk proyek pembangunan dan pengembangan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) Departemen Perhubungan di Bekasi Jawa Barat, yang berlangsung di Tokyo,  Jepang, Rabu (1/3). Kehadiran fasilitas proving ground bertaraf internasional yang dibangun dan dikembangkan konsorsium IIAPG merupakan upaya untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keamanan (safety), kenyamanan dan ramah lingkungan hidup agar Indonesia bisa mewujudkan potensi  menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di duniaIIAPG Proyek Pembangunan Proving Ground Konsorsium IIAPG Dapat Dukungan Pendanaan JBIC?Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel (kanan), Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (kedua kanan), Governor Japan Bank for International Corporation (JBIC) Hayashi Nobumitsu (kiri), dan Direktur Utama PT Indonesia International Automotive Proving Ground (IIAPG) Hiramsyah S. Thaib (tengah) serta Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto (kedua kiri), usai penandatanganan Loan Agreement JBIC dan IIAPG untuk proyek pembangunan dan pengembangan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) Departemen Perhubungan di Bekasi Jawa Barat, yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Rabu (1/3). Kehadiran fasilitas proving ground bertaraf internasional yang dibangun dan dikembangkan konsorsium IIAPG merupakan upaya untuk meningkatkan standarisasi kendaraan yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, baik dari sisi keamanan (safety), kenyamanan dan ramah lingkungan hidup agar Indonesia bisa mewujudkan potensi menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia

Setelah pembangunan terminal khusus otomotif di pelabuhan Patimban yang juga melibatkan kerja sama kemitraan perusahaan Indonesia-Jepang, kehadiran proving ground akan memberikan dorongan yang besar untuk pengembangan industri otomotif nasional.

Kehadiran proyek ini juga akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis ekspor berbagai prinsipal otomotif global.

“Kita harus mengapresiasi terobosan pemerintah Indonesia, serta dukungan pelaku industri otomotif dan pemerintah Jepang, untuk bekerjasama dalam mengembangkan proyek strategis ini. Kehadiran proyek ini harus bisa mempercepat transfer teknologi dari Jepang ke Indonesia,” kata Rachmat.

Kerjasama IIAPG dengan Kemenhub akan berlangsung selama 17 tahun, termasuk masa konstruksi yang diperkirakan memakan waktu selama 2 tahun.

Sementara itu, Direktur Utama IIAPG Hiramsyah Sambudhy Thaib mengatakan, pembangunan proving ground ini merupakan proyek bergengsi karena menyangkut fasilitas strategis pengembangan industri otomotif nasional yang modern.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com