Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Typoworks Tawarkan Oleh-oleh Pelat Khas Luar Negeri di IIMS 2023

Kompas.com - 26/02/2023, 10:41 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain menjadi pameran untuk pemegang merek besar di Indonesia, IIMS 2023 juga menjadi ajang buat industri-industri kecil kreatif.

Di antaranya adalah Typoworks yang hadir di Hall C1 JIExpo Kemayoran. Industri kecil yang berdiri pada 2018 ini menawarkan jasa pembuatan pelat nomor kustom sebagai aksesori cinderamata. Salah satu yang ditawarkan adalah pelat nomor kota-kota besar di luar negeri.

“Kami rutin hadir di IIMS sejak tahun 2019 karena memang target market kami itu pecinta otomotif,” kata Nat, pemilik Typoworks pada Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Berbeda dengan pelat nomor kendaraan konvensional yang digunakan kendaraan di Indonesia, Typoworks menggunakan alumunium dan foil khusus yang diimpor langsung dari Jerman.

Baca juga: 8 Hari Digelar, IIMS 2023 Sudah Bukukan Transaksi Rp 3,2 Triliun

Proses pencetakan pelat nomor kendaraan aksesoris oleh TypoworksKOMPAS.com/daafa Proses pencetakan pelat nomor kendaraan aksesoris oleh Typoworks

Bahan dan jenis font yang digunakan juga merupakan bahan standar untuk pelat nomor kendaraan di Jerman. Menurut Nat, bahan dari Jerman memiliki kualitas terbaik.

“Kami sudah sempat survei dan ternyata, bahan pelat nomor standar Jerman yang kualitasnya paling baik, jadi kami putuskan untuk impor langsung bahan Jerman,” katanya.

Demi menghadirkan produk akhir dengan kualitas terbaik, Typoworks mengaku tidak setengah-setengah uintuk urusan produksi dan mendatangkan pula mesin hidrolik khusus dari Jerman.

“Di Jerman, mesin hidrolik ini digunakan untuk mencetak pelat nomor kendaraan komersil. Mesin ini jenisnya ada banyak, kami ambil varian terkecil saja,” kata Nat.

Baca juga: Jumlah Pengunjung IIMS 2023 Meningkat 24 Persen

Mesin hidrolik khusus milik Typoworks untuk memproduksi pelat nomor aksesorisKOMPAS.com/daafa Mesin hidrolik khusus milik Typoworks untuk memproduksi pelat nomor aksesoris

Meskipun konsep Typoworks mengikuti standar pelat nomor kendaraan Jerman, produk mereka tidak boleh digunakan sebagai pelat nopol kendaraan di Indonesia.

“Kami pasti menolak request konsumen yang meminta pelat nopol Indonesia. Kami sampaikan jika produk ini untuk aksesori saja, bukan untuk dipasang di kendaraan,” kata Nat.

Rentang harga untuk pelat aksesori Typoworks juga cukup beragam, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 375.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com