Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Hadir di IIMS 2023, Mampir ke Booth Esemka

Kompas.com - 20/02/2023, 16:30 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengunjungi IIMS 2023, Senin (20/2/2023). Setelah sampai, Menpora langsung disambut oleh Eddy Wirajaya, Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (ESEMKA).

Kepada Kompas.com, Zainudin Amali menjelaskan, dirinya memang berniat menyempatkan diri untuk mendatangi Esemka, setelah mengetahui pabrikan asal Jawa Tengah itu ikut serta dalam IIMS 2023.

"Saya dapat informasi soal IIMS dan saya baca pesertanya siapa saja. Pas saya lihat Esemka ikut, saya putuskan untuk mampir," ujar Zainudin.

Zainudin Amali dan Eddy Wirajaya segera memasuki Hall A dan mengunjungi booth Esemka. Menpora nampak antusias berdiskusi dengan Eddy Wirajaya terkait spesifikasi dan daya angkut dari truk pikap Esemka Bima 1.3.

Baca juga: Indonesia Belum Siap Terapkan Kendaraan Otonomos

Menpora Zainudin Amali saat Mengunjungi booth EsemkaKompas.com/daafa Menpora Zainudin Amali saat Mengunjungi booth Esemka

Usai mencoba menaiki dan melihat mesin DOHC 16V berkapasitas 1.298 cc milik Bima 1.3, Menpora mengalihkan pandangannya ke mobil rototipe Esemka, yakni Bima EV.

"Mobil ini (Bima EV) bagus, awalnya saya kira konsepnya hybrid, ternyata full elektrik," ujar Zainudin Amali.

Lebih lanjut, ketika ditanya perihal testimoni dan pendapatnya soal mobil-mobil Esemka, Zainudin Amali mengibaratkan Esemka sebagai 'angin segar' bagi industri otomotif tanah air.

"Kalau yang lain (merek mobil lainnya di IIMS 2023) sudah biasa sekali. Kalau ini (Esemka) kan beda, lokal pula. Desainnya juga keren dan sudah tenaga listrik," ucapnya.

Setelah berkeliling dan berbincang di booth Esemka, Menpora Zainudin Amali langsung undur diri karena akan ke luar kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com