Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McLaren Luncurkan MCL60, Mobil F1 Baru untuk 2023

Kompas.com - 14/02/2023, 12:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Mirror

JAKARTA, KOMPAS.com - Mclaren mengumumkan mobil dan livery baru mereka untuk kompetisi Formula One (F1) musim 2023.

Dinamakan Mclaren MCL60, selain menjadi identitas di musim baru, MCL60 juga dihadirkan sebagai ajang perayaan tahun ke-60 tim balap McLaren.

Hadir dengan warna utama kuning-oranye yang khas, membuat mobil ini mudah dikenali. Dibubuhi aksen warna hitam yang bukan berbahan cat tapi bahan serat karbon, MCL60 terlihat makin ikonik.

Dikutip dari mirror.uk, Selasa (14/2/2023), Tujuan dari digunakannya bahan serat karbon adalah untuk memangkas sebanyak mungkin berat yang mungkin ditimbulkan cat konvensional.

Baca juga: Kolaborasi Ford dan Red Bull di Formula 1 Akan Hasilkan Mobil Listrik

Detil livery baru McLaren MCL60Mclaren.com Detil livery baru McLaren MCL60

Hal serupa juga dilakukan lima tim lain yang sudah mengumumkan mobil mereka untuk kompetisi F1 2023, yakni Haas, Red Bull, Williams, Alfa Romeo, dan AlphaTauri.

Kelima tim tersebut juga menggunakan lebih banyak serat karbon dan warna yang lebih gelap dari sebelumnya.

"Merupakan suatu kehormatan untuk memimpin McLaren Racing memasuki musim ulang tahun ke-60 tim. Kami memiliki sekelompok orang yang berkomitmen dan berbakat di McLaren, dan kami semua menantikan untuk mengikuti balap MCL60, setelah bekerja keras selama beberapa bulan terakhir di semua area tim," ucap Andrea Stella selaku kepala tim baru Mclaren.

Pebalap utama McLaren, Lando Norris mengaku senang dan tidak sabar untuk menjajal langsung MCL60 di trek balap. Norris sudah menantikan MCL60 sejak pra-musim.

Baca juga: Replika Mobil Balap F1 Alfa Romeo C43 Dilelang

Pebalap McLaren Lando NorrisTangkapan layar twitter LandoNorris Pebalap McLaren Lando Norris

"Kegiatan pra-musim berjalan lancar, tapi saya sudah tidak sabar untuk langsung mengendarai MCL60 di kompetisi. Mobil itu terlihat sangat cantik," kata Norris.

Hal serupa juga diungkapkan pebalap baru, Oscar Piastri. Pebalap yang membela alpine di kompetisi F1 musim lalu itu mengaku cepat beradaptasi di tim McLaren dan sangat siap untuk kompetisi F1 2023.

"Waktu yang saya habiskan di sini (tim McLaren) sangat produktif dan menyenangkan. Saya merasa sudah beradaptasi dan siap berkompetisi," ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com