Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Supercar, Buat Ganti Oli Saja Bisa Habis Rp 20 Juta

Kompas.com - 29/01/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Supercar seperti Lamborghini atau Ferrari memiliki harga yang begitu fantastis. Namun populasi mobil ini terbilang cukup banyak di Indonesia.

Harga mobil yang selangit membuat banyak masyarakat kerap bertanya-tanya kira-kira berapa biaya servis yang dibutuhkan untuk supercar seperti itu. 

Resha Ahadiat Setiadi Direktur dari Supercar.id mengatakan, biaya servis untuk supercar memang tidak menentu, karena mobil ini bukan merupakan mobil daily use atau yang biasa digunakan setiap hari.

Baca juga: Mobil Hybrid Jangan Sampai Terendam Banjir, Bisa Rugi Ratusan Juta

“Misal untuk penggantian oli supercar itu sekitar 7.000 km atau 8.000 km, karena mereka kan pasti jarang pakai. Jadi biasanya patokan kita satu tahun atau 8.000 km,” ucap Resha saat ditemui Kompas.com di kawasan Ciputat, Jumat (27/1/2023).

Servis supercarKompas.com/Nanda Servis supercar

“Kenapa patokan 1 tahun? Karena kan mobil dipanasin, mesin kerja, begitu mesin kerja, viskositas dari oli itu pasti berkurang. Maka dari itu acuannya 1 tahun atau 8.000 km,” lanjutnya.

Resha mencontohkan, untuk supercar dengan engine besar seperti V12, biaya penggantian oli berkisar Rp 16 juta sampai Rp 22 juta. Sementara untuk mesin V10 di kisaran Rp 9 juta sampai Rp 15 juta. Tergantung merek oli yang digunakan.

“Semakin besar mesin, kuantiti olinya tentu semakin banyak,” kata dia.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa biaya servis supercar tidak mengingat, tergantung komponen yang dilakukan penggantian. Sebab, supercar berbeda dengan mobil pada biasa yang digunakan harian dengan waktu servis yang sudah ditentukan.

Ilustrasi Supercar saat melintas di salah satu jalanan London, Inggris.Inautonews Ilustrasi Supercar saat melintas di salah satu jalanan London, Inggris.

Bahkan Resha mengaku, hingga saat ini belum mendengar ada supercar yang sudah melakukan servis hingga 100.000 km.

Baca juga: Sering Disepelekan, Apa Pentingnya Melakukan Rotasi Ban?

“Supercar sampai 100.000 km belum ada sepertinya, karena memang bukan mobil daily use. Seminggu sekalipun belum tentu dipakai. Kalaupun ada (sampai 100.000 km) range-nya paling Rp 30 jutaan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com