Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Penerbitan SIM CI Dimulai Bulan Depan

Kompas.com - 27/01/2023, 17:31 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah melakukan uji coba penerbitan SIM CI untuk motor berkapasitas 250-500 cc. Sebagai awalan, penerbitan SIM CI dilakukan di Satpas SIM prototipe, yang pertama kali akan dilakukan di Cirebon.

"Bulan ini kami sedang merancang untuk uji coba di Satpas Polres Cirebon. Kenapa di sana? Karena di sana sudah prototipe. Termasuk lengkap," ujar Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus di Jakarta (26/1/2023).

Menurutnya, untuk melaksanakan uji coba penerbitan SIM CI ini harus diintegrasikan dulu dengan teknologi yang ada. Diharapkan bulan depan sudah bisa dimulai uji coba penerbitan SIM CI.

Baca juga: Cuhat Pengemudi yang Kesal Dipepet Rombongan Menteri di Jalan Tol

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

"Yang lain bagaimana? Kita tunggu nanti dari Cirebon dulu sebagai uji coba. Kalau Cirebon nanti sudah selesai, berhasil semuanya, maka di satpas-satpas prototipe semuanya akan kita laksanakan secara massal," ucap Yusri.

Selain itu, Korlantas Polri juga telah mendistribusikan 132 unit motor untuk ujian pembuatan SIM CI ke berbagai Kepolisian Daerah (Polda) seluruh Indonesia.

"Distribusi ke mana saja? Seluruh Polda se-Indonesia, bukan ke Polres dulu. Yang memang saya prioritaskan yang memang ada satpas prototipe atau satpas yang jadi pilot project, percontohan," kata Yusri.

Baca juga: Aturan Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Meluncur Pekan Depan

Seperti diketahui, Satpas prototipe menjadi prioritas karena sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk melakukan uji praktik serta uji teori.

Yusri mengatakan Polda yang paling banyak mendapat distribusi kendaraan untuk ujian SIM CI adalah Polda Metro Jaya.

"Polda Metro paling banyak, karena memang paling besar. Jawa Tengah ada sekitar 8 apa 9, Jawa Barat sama. Nah, 132 sudah kita distribusikan ke Polda-polda," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com