Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantang Carry dan Grand Max, Ini Keunggulan Wuling Formo Max

Kompas.com - 17/01/2023, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors (Wuling) mengawali tahun 2023 dengan meluncurkan produk baru di segmen komersial, yaitu pikap penggerak dua roda melalui Formo Max. Mobil diluncurkan di wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Dihargai mulai Rp 160 juta sampai Rp 171 juta on-the-road (OTR) DKI Jakarta, kendaraan ini membawa sejumlah aspek yang dinilai cukup menarik untuk menggoda para pebisnis dalam negeri.

"Segmen pickup B itu sudah sangat mature di Indonesia. Di segmen komersial market share-nya bisa mencapai 40 persen sehingga sangatlah luas (pasar). Tapi berdasarkan studi kami sebenarnya ada beberapa fitur yang nice to have untuk penggunaan mereka," kata Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko.

Baca juga: Isuzu Traga Siap Mendukung Pelaku Bisnis Pertanian di Indonesia

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

Di antaranya power steering, power window, air conditioner, fitur hiburan, suspensi dan jok yang nyaman, hingga fitur penunjang keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS).

Oleh karena itu, Formo Max hadir sebagai penantang yang menghadirkan suatu hal berbeda dari produk sejenisnya yang kerap diisi oleh Mitsubishi L300, Suzuki Carry, hingga Daihatsu Gran Max PU.

"Mungkin mereka sudah biasa dengan ketiadaan fungsi tersebut. Namun ketika ada produk baru yang menawarkan ini, kita harap jadi poin tersendiri dan dapat membantu mereka agar semakin nyaman dan aman, sekaligus fungsional menunjang bisnisnya," ucap Danang.

Kendaraan pikap ini memiliki keunggulan seperti ukuran kargonya yang lebih luas di kelasnya dengan dimensi panjang 2.695 mm dan lebar 1.725 mm plus bukaan bak 3 sisi untuk akses keluar masuk muatan yang praktis.

Baca juga: Apakah Ada Efek Samping jika Sering Gonta-ganti Merek BBM?

Wuling Formo MaxKompas.com/Ruly Kurniawan Wuling Formo Max

Soal dapur pacu, Formo Max didukung mesin 4 silinder 1.500cc yang bertenaga menyajikan tenaga 98 hp dan torsi 140 Nm serta didukung transmisi manual 5-percepatan. Kedua varian Formo Max ini juga telah dilengkapi Electric Power Steering (EPS).

Sementara fitur keselamatan dan keamanan, kedua varian Formo Max dilengkapi dengan rem cakram pada roda depan plus sistem pengereman ABS & EBD, sabuk pengaman yang dilengkapi sistem penarik dan penguncian otomatis, pengingat penggunaan sabuk pengaman bagi supir, sampai dengan alarm anti pencurian.

Baca juga: Bisa Semua Merek, Ini Syarat Kredit Motor Listrik di Pegadaian Syariah

Beralih ke fitur berkendara lainnya, Wuling menyematkan deretan fitur yang menunjang kenyamanan lebih pada Formo Max Standard, antara lain Foldable Remote Key, pengaturan kursi dan sandaran kepala, automatic power windows, dan sunvisor untuk supir.

"Luas kargonya juga 4,8 m2 yang mana 10-20 persen lebih luas dibandingkan kendaraan di segmen sejenis," kata dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com