Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Mesin Diesel dan Bensin

Kompas.com - 13/12/2022, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Populasi mobil diesel di Tanah Air sejak beberapa tahun belakangan cukup meningkat. 

Banyak pembeli yang tertarik dengan torsi mesin yang dihasilkan. Karena itu, mobil mesin diesel dianggap kuat untuk mengangkut beban berat, bahkan dapat diandalkan menempuh perjalanan dengan medan non-aspal. 

Lantas apa saja bedanya dibandingkan mesin bensin? 

Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho menjelaskan, struktur desain mesin jauh berbeda. Mesin diesel dibuat menghasilkan kompresi besar pada putaran bawah. 

"Hampir semuanya berbeda, mesin diesel dibuat kuat untuk membawa beban muatan berat. Material pembuatan saja dibuat lebih kuat, kompresi mesin kan besar sekali. Kompresi mesin diesel padat untuk menciptakan ledakan tenaga besar," kata Bejo kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022). 

Baca juga: Dyandra Promosindo Gelar IIMS Motobike Show, Touring Jakarta-Semarang

Kompresi mesin yang padat menghasilkan rasio kompresi yang besar. Untuk menciptakan ledakan di ruang bakar, dibutuhkan komponen busi pemanas. 

Pada proses kompresi pembakaran yang berlangsung, efisiensi bahan bakar cenderung hemat dibandingkan mesin bensin karena kompresi yang tinggi memicu suhu panas ruang bakar yang benar-benar ideal. 

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

"Tingkat efisiensi BBM bisa lebih besar (irit). Maka, banyak yang memilih untuk menjadikan mobil diesel sebagai armada operasional bisnis," kata dia. 

Kemudian masalah torsi, Bejo menyebutkan, besarnya angka torsi dihasilkan berasal dari titik mati atas atau top piston dan panjang stroke

"Kalau torsi banyak komponen yang bisa mendongkrak. Mesin-mesin diesel modern dilengkapi turbocharger dan sistem common rail untuk menjaga tekanan kompresi yang dihasilkan," ucapnya. 

Baca juga: Oli Mineral dan Sintetik, Bagaimana Cara Membedakan?

Desain ruang mesin yang tak banyak menggunakan komponen elektrikal juga jadi nilai plus mesin diesel. Maka dari itu, untuk daya tahan melewati medan berat dan banjir, tentu unggul dibandingkan mesin bensin.

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

"Kan tidak ada businya, untuk menghasilkan api pada busi saja membutuhkan koil. Prinsip kerja pembakaran mesin diesel hanya butuh pasokan solar dan udara," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com