Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Ungkap Teaser CX-90, Pakai Mesin Enam Silinder Segaris

Kompas.com - 17/11/2022, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda dikabarkan segera meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya yakni CX-90, pada 2023 mendatang.

Disitat dari Motor1.com, Rabu (16/11/2022), CX-90 adalah versi tiga baris yang mirip dengan CX-9. Namun, kabarnya mobil ini akan dibekali bodi yang lebih besar, lebar dan panjang dari jajaran SUV Mazda yang dijual saat ini.

Teaser baru Mazda CX-90 yang dirilis oleh situs Mazda Amerika Serikat juga membocorkan emblem bertuliskan ‘inline 6’ yang disematkan pada bagian samping SUV bongsor besutan merek Jepang itu. Artinya, dipastikan mesin yang dibekali berkonfigurasi 6 silinder segaris.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Ekspor Mobil dan Komponen Moncer di Oktober 2022

Sayangnya tak banyak detail yang tersedia mengenai mesin inline-6 yang bakal digunakan. Sama seperti CX-60, mobil ini bisa saja menggunakan mesin bensin 3.0 liter SkyActiv-X inline-six dengan tenaga yang lebih kuat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mazda USA (@mazdausa)

Kemungkinan untuk mesin lainnya adalah turbo-diesel 3.3 liter SkyActiv D yang mampu menghasilkan tenaga 228 tk dan torsi 500 Nm.

Kabarnya, akan ada juga versi plug-in hybrid yang akan menghasilkan output 251 tk dan torsi 550 Nm. Namun, belum bisa diketahui secara pasti, terkait spesifikasi baterai yang akan digunakan.

Masih dari sumber yang sama, Mazda mengatakan mesin inline-6 bakal menjadi mesin yang terakhir dibuat oleh Mazda. Hal ini sejalan dengan komitmen Mazda untuk menjadikan seluruh jajaran kendaraan elektrifikasi pada 2030.

Mazda CX-9 AWDKompas.com/ApridaMegaNanda Mazda CX-9 AWD

Baca juga: Bahlil Ajak Australia Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Adapun Mazda CX-90 nantinya akan menggantikan Mazda CX-9. SUV ini mencatatkan 26.860 pengiriman dalam 10 bulan pertama tahun 2022, atau turun 13,8 persen dari 31.172 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com