Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Sebut Mobil Terbang Bukan Solusi Atasi Kemacetan

Kompas.com - 15/11/2022, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Tesla Inc Elon Musk mengungkapkan bahwa mobil terbang bukanlah solusi terbaik untuk atasi kemacetan karena memiliki berbagai kekurangan pada aspek polusi udara dan potensi kecelakaan fatal.

Menurut dia, solusi yang lebih baik ialah membangun terowongan bawah tanah yang terintegrasi dengan berbagai kota atau titik penting. Apalagi, infrastuktur tersebut bisa dilakukan secara masif.

"Mobil terbang akan menimbulkan kebisingan, menghasilkan banyak angin, dan selalu ada kemungkinan akan jatuh di kepala Anda," katanya saat jadi pembicara pada rangkaian B20 Summit Indonesia 2022, Senin (14/11/2022) kemarin.

Baca juga: KTT G20 Jadi Wadah Promosi Kendaraan Listrik

CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual di acara B20 Summit Indonesia 2022 di hari kedua tanggal 14 November 2022.YouTube/ B20 Indonesia 2022 CEO Tesla Elon Musk hadir secara virtual di acara B20 Summit Indonesia 2022 di hari kedua tanggal 14 November 2022.
"Satu-satunya jawaban yang saya bisa temukan untuk permasalahan kemacetan di perkotaan adalah terowongan," lanjutnya.

Di samping itu, kata Musk lagi, terowongan bawah tanah juga dinilai tidak punya risiko atau kekurangan sebagaimana yang dimiliki oleh mobil terbang. Hanya saja memang pembangunannya butuh waktu cukup lama.

"Anda bisa memasuki lapisan sedalam apapun sampai kemacetan dimaksud bisa terselesaikan," tuturnya.

"Ini terdengar sangat simpel, tapi kendaraan listrik di terowongan adalah jawaban untuk kemacetan terburuk di seluruh kota," ucapnya lagi.

Diketahui, Musk saat ini telah memiliki perusahaan yang berkutat pada layanan terowongan bawah tanah, The Boring Company.

Baca juga: Jokowi Yakin Tesla Akan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Uji coba SkyDrive SD-03KOMPAS.com/Ruly Uji coba SkyDrive SD-03

Perusahaan terkait sudah memiliki jaringan terowongan komersial yang dapat dilintasi kendaraan listrik di Las Vegas, Amerika Serikat. Disebutkan, fasilitas itu telah menarik banyak minat pengunjung.

Adapun dalam kesempatan ini, Musk bertukar pikiran via virtual dengan para panelis pada sesi Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation yang dimoderatori oleh CEO Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com