Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMOS 2022 Resmi Dibuka, Target Jualan Motor Tahunan 5,4 Juta Unit

Kompas.com - 02/11/2022, 10:54 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah absen karena pandemi Covid-19, pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 resmi digelar pada 2-6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dalam pameran ini, pihak Asosiasi Sepeda motor Indonesia (AISI) akan berfokus pada kehadiran teknologi terbaru termasuk yang berbasis baterai atau motor listrik.

Dikatakan Ketua Umum AISI Johannes Loman, upaya tersebut merupakan langkah asosiasi mendukung program pemerintah dalam pemanfaatan energi berkelanjutan.

Namun, dari sekitar 65 merek otomotif dan pendukung yang meramaikan pameran, tercatat cuma 14 merek saja yang membawa sepeda motor listrik.

"Kami harap IMOS 2022 bisa jadi titik balik industri sepeda motor sekaligus menjadi tonggak lahir dari tren baru atas industri sepeda motor," kata Loman dalam seremoni pembukaan IMOS 2022 di JCC, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Penjualan Motor September 2022 Minus 2 Persen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) diapit para petinggi AISI meresmikan pameran motor nasional IMOS 2022 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022)KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) diapit para petinggi AISI meresmikan pameran motor nasional IMOS 2022 di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022)

Pada pameran ini, kata Loman, pengunjung bisa melihat bagaimana komitmen anggota AISI dan peserta pameran lainnya untuk menghadirkan produk dengan teknologi terkini, termasuk elektrifikasi.

"Tercatat, ada lebih dari 65 merek otomotif yang meramaikan IMOS 2022 termasuk 25 merek sepeda motor dan 14 merek kendaraan listrik," ucap dia lagi.

Dikatakan pula bahwa saat ini sepeda motor memiliki peran penting di Indonesia. Hal itu sejalan dengan karakter yang praktis dan mudah dikendarai.

Seiring dengan itu maka industri roda dua memiliki tantangan untuk menyajikan produk yang aman, nyaman, dan rendah emisi.

"Kami optimis dapat mendorong penjualan sepeda motor tahun ini mencapai 5.1 juta sampai 5.4 juta unit," kata Loman.

Baca juga: Penjualan Motor Tahun Ini Diprediksi Bisa Tembus 5,4 Juta Unit

Suasana pameran IMOS 2022KOMPAS.com/Stanly Suasana pameran IMOS 2022

Buat masyarakat yang ingin datang ke pameran IMOS 2022, pengunjung bisa melakukan pembelian tiket secara online melalui aplikasi Auto360 yang sudah tersedia di PlayStore dan AppStore.

Pengunjung bisa melihat pameran motor ini dengan membayar Rp 20.000 pada hari Rabu dan Kamis, serta Rp 30.000 pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com