Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saldo E-toll Habis di Gerbang Tol, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 19/10/2022, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap berkendara melintasi jalan tol akan dikenakan tarif tertentu. Maka dari itu, pengendara wajib mempersiapkan saldo uang elektronik pada kartu e-toll.

Jika saldo yang terisi tidak cukup atau kurang, perjalanan pengendara akan terhambat lantaran tidak bisa transaksi pembayaran di gerbang tol.

Badan Pengatur Jalan Tol melalui Twitter resminya @pupr_bpjt mengatakan, kini pengendara tidak perlu cemas saat alami situasi saldo e-toll habis atau kurang.

Baca juga: 7 Mobil Hybrid Terlaris, Ertiga Hybrid Paling Atas

"Pernah mengalami saldo e-Toll kehabisan atau saldo kurang saat melakukan tapping di Gerbang Tol? Pasti bingung atau panik sih....Saran mimin, jangan panik.. calm. Tetap tenang dan jangan memundurkan kendaraan untuk keluar atau pindah dari gardu tol,” tulis @pupr_bpjt.


Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala saldo e-toll habis atau kurang di tengah perjalanan: 

1. Pengendara dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol 'Cetak Struk'. Dengan menekan tombol tersebut, petugas akan datang membantu.

2. Pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut.

Mungkin kartu akan diisi ulang secera langsung atau juga diminta membayar secara tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

Gerbang Tol (GT) Dukuh Jalan Tol Akses Tanjung Priok (ATP).Dok. PT Hutama Karya (Persero). Gerbang Tol (GT) Dukuh Jalan Tol Akses Tanjung Priok (ATP).

3. Pengendara dapat melakukan Top up saldo e-toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-toll yang digunakan.

4. Jika saldo e-toll kurang, sobat dapat mengisi juga di rest area terdekat atau gerai minimarket yang tersedia.

Baca juga: Bedah Interior Stargazer dan Veloz, Siapa yang Lebih Mewah?

Perlu diketahui, ketika saldo e-toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga dapat melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing,” tulis @pupr_bpjt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com