Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Ungkap Penyebab Insiden dengan Quartararo dan Nakagami

Kompas.com - 19/09/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (18/8/2022) diwarnai dengan drama yang melibatkan pebalap Repsol Honda Marc Marquez.

Ketika balapan baru dimulai, Marc Marquez terlihat tiba-tiba menutup gas lantaran menghindari jatuh di tikungan ketiga. Aksi ini membuat Fabio Quartararo yang berada tepat di belakangnya tidak dapat menghindar dan menabrak bagian belakang motor Marquez.

Kecelakaan tersebut sontak membuat Quartararo terpelanting dari YZR-M1 hingga tersungkur ke gravel.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Aragon, Bagnaia Makin Ancam Quartararo

Tak berselang lama, insiden kecelakaan kembali melibatkan Marc Marquez yang terlihat menyenggol Takaaki Nakagami. Nagami kemudian mengalami low side hingga nyaris terlindas motor Maverick Vinales yang melintas tepat di belakangnya.

Usai balapan, rider yang dijuluki The Baby Alien itu pun menjelaskan penyebab insiden yang melibatkan dirinya dengan Quartararo dan Nakagami.

“Saat itu roda belakang saya tergelincir sedikit di tikungan tiga. Masalahnya adalah Fabio sangat dekat di belakang saya. Mungkin dia bermaksud menyalip saya di sana. Itu adalah insiden balapan dan fakta bahwa Fabio begitu dekat di belakang saya jelas tidak membantu. Begitulah kontak itu terjadi. Tapi itu normal untuk tidak meninggalkan celah besar, Anda tidak bisa menyalahkannya untuk itu,” ucap Marquez dikutip dari Speedweek, Minggu (18/9/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Setelah mengalami insiden dengan Quartararo, Marquez terus melaju melewati beberapa tikungan selanjutnya. Namun, ia merasa ada yang janggal dengan motornya akibat tabrakan dengan Quartararo.

Menurutnya, ada salah satu bagian body motor Quartararo yang tersangkut di motor Marquez. Hal ini membuat motornya mengalami masalah teknis dan mengaktifkan holeshot.

“Ketika berada di tikungan ketujuh, saya tiba-tiba merasa roda belakang terkunci dan bergerak ke sisi samping kiri. Entah bagaimana roda belakang terkunci, semuanya terasa gila. Dan ketika saya ingin pindah ke kiri, saya tidak merasakan torsi lagi,” katanya.

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2022, Bastianini Kalahkan Bagnaia, Marquez Kecelakaan

Saat itulah Marquez menyenggol Nakagami hingga membuat pebalap LCR Honda itu tak bisa melanjutkan balapan.

Pada saat itu Marquez tak ikut terjatuh, namun dirinya memutuskan untuk tidak menyelesaikan balapan. Bahkan Marquez juga terlihat langsung mendatangi paddock LCR Honda untuk meminta maaf kepada Nakagami.

Tak lupa, Marquez pun turut meminta maaf kepada Fabio Quartararo dan berharap keduanya baik-baik saja usai alami kecelakaan di GP Aragon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com