Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Berencana Gelar Street Race Dwi Bulanan

Kompas.com - 06/09/2022, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana menggelar ajang balap liar legal alias street race dwi bulanan. Hal ini menyusul kesuksessan gelaran serupa seri ke-4 yang berlangsung di Kemayoran, Jakarta pekan lalu.

Seiring dengan hal tersebut, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman, mengatakan, nanti gelaran akan dilaksanakan, instruksi dari Kapolda Metro Jaya untuk terus memperbarui konsep street race.

“Kan perintah Kapolda lagi mencari konsep. Konsepnya bagaimana sih biar betul-betul seluruh akar rumput para pecinta balap liar yang belum terangkul di sini," kata dia dalam keterangannya, Rabu (5/9/2022).

Baca juga: Servis di Bengkel Resmi, Ganti Komponen Wajib Persetujuan Pemilik Kendaraan

Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.Ruly Kurniawan/Kompas.com Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.

"Hal tersebut biar tak terjadi keributan, kecelakaan, tanpa adanya pengawasan kami. Sehingga diharapkan inilah sarana di Jakarta sudah ada,” lanjut Latif.

Menurutnya, ajang street race bisa menghilangkan kegiatan balap liar di Ibu Kota. Hanya saja ia tidak mengungkapkan datanya sampai saat ini.

“Makanya kami fasilitasi. Terpenting adalah energi-energi mereka yang berlebih, kita salurkan di sini secara positif. Tapi kalau tanpa pengawasan, itu akan menjadi hal negatif. Bisa mencelakakan diri sendiri dan mengganggu ketertiban umum,” kata dia.

Adapun street race Kemayoran, telah dilaksanakan pada 3-4 September 2022 lalu yang diikuti dengan 500 perserta. Jumlah ini sudah dibatasi, agar seluruh sarana dan pra-sarana yang disediakan mencukupi secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com