Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Otoparts Meresmikan SPKLU Berjuluk Astra Otopower

Kompas.com - 26/07/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik, infrastruktur harus terus ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Inisiatif tersebut juga dilakukan oleh PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts), anak perusahaan PT Astra International Tbk (ASII) yang bergerak di bidang komponen kendaraan. Astra Otoparts resmi memperkenalkan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower.

Baca juga: PLN Siapkan 70 SPKLU untuk Kendaraan Listrik Delegasi G20

Astra Otopower yang berlokasi di area parkir lantai B2 Menara Astra ini merupakan SPKLU pertama yang diresmikan. Nantinya, Astra Otopower akan hadir di beberapa lokasi lain untuk mendukung pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur pelaksanaan kegiatan Presidensi G20 dan mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra OtopowerDok. Astra Otoparts Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower

Kehadiran Astra Otopower turut mendukung program pemerintah untuk menekan emisi gas buang kendaraan bermotor dengan infrastruktur kendaraan listrik.

“Semangat kami untuk terus mengeksplorasi peluang bisnis baru yang berkelanjutan diwujudkan dalam proyek dan investasi kami terhadap energi baru terbarukan (EBT) yang turut mendukung Pemerintah dalam menyiapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim, dalam keterangan resminya.

Baca juga: PLN Siapkan 70 Unit SPKLU buat KTT G20 di Bali

Charging machine pada Astra Otopower diklaim sudah menggunakan standar global komunikasi internasional. Sehingga, semua tipe kendaraan listrik dapat menggunakan charging machine ini selama konektornya sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra OtopowerDok. Astra Otoparts Astra Otoparts resmikan SPKLU yang diberi nama Astra Otopower

Selain itu, charging machine ini juga dilengkapi dengan fitur inovatif berupa Safety Flooding System yang membuat charging machine otomatis mati apabila terendam air. Lalu, dilengkapi juga dengan fitur Humidity Control System yang mencegah charging machine dalam keadaan lembab berlebih.

Saat ini, SPKLU Astra Otopower dapat dioperasikan menggunakan mobile web browser, di mana historikal transaksi pengisian pengguna akan terekam.

Untuk ke depannya, sistem pengoperasian Astra Otopower akan terintegrasi dengan www.astraotoshop.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com