Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Jemput Bola Astra Isuzu buat Servis Mobil Konsumen

Kompas.com - 18/07/2022, 08:21 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Astra Isuzu berfokus pada penguatan layanan purna jual, untuk mendorong peningkatan penjualan mobil Isuzu. Isuzu melakukan strategi jemput bola, dengan melakukan servis di lokasi konsumen.

Hal itu disampaikan Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa, pada kegiatan pengenalan dan test drive produk 4x4 terbaru D-Max dan MU-X kepada mitra kerja Isuzu di Palembang, Sumatera Selatan, akhir pekan lalu.

Kegiatan itu diikuti 60 perusahaan fleet yang bergerak di bidang migas, pertambangan, dan perkebunan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit.

Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

Baca juga: Isuzu Mu-X Jadi Lebih Garang, Modal Pakai Ban Besar

“Untuk segmen kendaraan komersial, layanan after sales menjadi pertimbangan besar bagi konsumen memilih kendaraan. Mereka tidak ingin armada operasionalnya terganggu,” ujar Heri dalam keterangan resminya, Senin (18/7/2022).

Konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat Astra Isuzu terus menggali apa kebutuhan tiap konsumen, sehingga terus melakukan pendekatan intensif ke para pelaku usaha.

Isuzu mu-X dan D-MaxDOK. IAMI Isuzu mu-X dan D-Max

Program yang berhasil diterapkan Astra Isuzu di perusahaan logistik dalam beberapa tahun ini, kini diterapkan ke bidang migas, pertambangan, dan perkebunan. Baik itu kesiapan layanan darurat 24 jam, program fleksibilitas service seperti mechanic on site atau pun part on site yang dapat mendukung operasional bisnis pelanggan langsung di lokasi kerja.

Baca juga: Uji Performa Isuzu Traga Pikap dari Bogor-Bandung

Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Di manapun kendaraan konsumen bermasalah, bisa ditangani. Sehingga dalam tiga tahun belakangan ini, repeat order pembelian kendaraan Isuzu di segmen logistik mengalami peningkatan.

Kepuasan terhadap layanan after sales juga diakui sejumlah konsumen yang mengikuti kegiatan Astra Isuzu di Palembang. Menurut mereka selain keandalan produk, juga layanan after sales yang membuat mereka memilih mobil Isuzu sebagai kendaraan operasional.

“Produk Isuzu bagus, yang menjadi keunggulan utama adalah layanan after salesnya, seperti kemudahan mendapatkan spare part dan dukungan mekaniknya. Layanan after sales Astra Isuzu sangat mendukung operasional kami ditambang, ada mekanik untuk maintenance di lokasi site kami di Sungai Lilin (Palembang),” tutur Hendri, manager Purchasing PT Bara Permata Mining.

Hendri menjelaskan, perusahaannya menggunakan banyak truk Isuzu Giga dan ELF. Kini, sedang membidik D-MAX dan MU-X yang memiliki kapasitas mesin kecil, 1900 CC, tetapi tenaga besar.

Sementara itu, Regional Manager Jawa Barat dan Sumatera Astra Isuzu Irwan Nawir mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan pengenalan dan test drive D-Max dan MU-X sebagai upaya menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia maupun calon pelanggan Astra Isuzu dan diler.

“Ini juga memberikan pengalaman test drive performa dari keandalan All New Isuzu MU-X 4x4 dan D-Max di area fokus SUV 4x4 dan Double Cabin. Kegiatan ini juga dilakukan serangkaian dengan wilayah lainnya yaitu di Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Jakarta,” tutur Irwan.

Penjualan Astra Isuzu di Sumsel sangat tinggi. Bahkan, pada semester 1 2022 ini, mengalami kenaikan penjualan 106 persen dibandingkan performa semester 1 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com