Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Motor Pakai Kereta, Gratis Biaya Kirim Helm

Kompas.com - 24/04/2022, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Layanan KAI Logistik dari Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) banyak dipilih oleh pemilik motor untuk mengirim kendaraanya. Saat musim mudik tiba, aktivitas pengiriman motor menggunakan kereta akan meningkat.

Mengirim motor menggunakan kereta akan membuat pemudik lebih aman saat perjalanan ke kampung halaman. Tarif yang ditawarkan untuk layanan ini juga beragam.

Lalu apakah helm yang ada di motor akan dikenakan biaya tambahan?

Baca juga: Kondisi Trek Sulit, Quartararo Puas Bisa Start dari Posisi Kelima

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga mengatakan setiap satu motor akan gratis biaya pengiriman helm. 

“Setiap satu motor boleh satu helm. Nanti helm tersebut akan kita packing dan dimasukan ke bagasi motor bersama dengan kaca spion. Kaca spion kita lepas dan masukan ke bagasi lalu kita ikat,” katanya pada Kompas.com.

Wisesa menegaskan jika helm yang dimasukan ke bagasi tidak ada biaya tambahan. Namun jika memiliki dua helm atau lebih, akan ada biaya tambahan.

Vespa Genuine Helmet seri Heritage Vespa Genuine Helmet seri Heritage

“Jika lebih dari satu helm, nanti helm satu lagi akan ikut paket logistik biasa bukan paket pengiriman motor. Hitungan tarifnya akan berbeda,” kata Wisesa.

Sementara itu, tarif pengiriman motor menggunakan kereta akan dibedakan berdasarkan jarak tempuh tujuan dan juga jenis cubical centimeter (CC) motor.

Baca juga: Ada 56 Titik Bengkel Jaga Yamaha, Pemudik Pakai Merek Lain Boleh Masuk

Setiap pengiriman motor ke cabang KAI Logistik akan langsung di proses di hari yang sama untuk di kirim menggunakan kereta.

Namun, pemudik harus datang sebelum jam 15.00 WIB untuk langsung di angkut ke Jakarta Gudang untuk naik kereta ke tempat tujuan. Jika lebih dari jam tersebut, akan diproses pada hari berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com