Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Debu, Lintasan Sirkuit Mandalika Banyak Kerikil

Kompas.com - 12/02/2022, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya sesi tes pra-musim MotoGP 2022 hari pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sempat diwarnai dengan hujan. Dampaknya, trek menjadi kotor dan berlumpur.

Namun, tak hanya itu saja, beberapa pebalap juga mengeluhkan adanya batu-batuan kecil atau kerikil.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Kotor Sehabis Hujan, Pebalap Dipaksa Membersihkan

"Bagian terparah adalah tikungan pertama dan tikungan terakhir. Itu seperti aspal yang berbeda, dan di tikungan 1 Anda bisa lihat batu itu," ujar Alex Marquez, dikutip dari Crash.net, Sabtu (12/2/2022).

Alex menambahkan, saat dirinya sedang melaju di belakang pebalap lain, tiba-tiba lehernya terkena sesuatu, dan ternyata itu adalah kerikil.

"Tikungan 1 adalah yang paling parah, karena aspalnya sangat buruk, dan beberapa kerikil terpental dar pebalap yang ada di depan, tapi beberapa jam terakhir sudah membaik," kata Alex.

Baca juga: Marquez Masih Kalem Pada Hari Pertama di Sirkuit Mandalika

Selain Alex, Andrea Dovizioso juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, kerikil tersebut juga perlu dibicarakan dengan Safety Commission.

Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Ketika Anda mengikuti pebalap lain, Anda akan kesakitan, karena di setiap tikungan terkena kerikil. Mungkin itu juga bisa menjadi masalah," ujar Dovizioso.

Namun demikian, Aleix Espargaro mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika punya layout yang luar biasa. Meskipun, pada hari pertama sesi tes masih cukup terbatas karena kondisi sirkuit yang kotor.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Dengan motor kami, kami sangat menikmati hari ini. Tetap harus menggali lebih lagi. Hari ini kami hanya menggunakan satu jalur saja," kata Aleix.

"Tapi sirkuit ini, khususnya bagi penonton di rumah, akan menjadi menyenangkan untuk menonton balapan. Ini bukan sirkuit yang sulit dipelajari, jadi semua pebalap akan sangat dekat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com