Tikungan Sirkuit Mandalika yang Bakal Dipakai Pebalap untuk Menyalip

Kompas.com - 10/02/2022, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, para pebalap MotoGP akan melakukan sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022. Sebulan setelahnya, seri kedua MotoGP 2022 akan digelar kembali di sirkuit tersebut.

Para pebalap MotoGP baru akan berkenalan dengan Sirkuit Mandalika menggunakan motor balapnya masing-masing pada sesi tes pra-musim. Sirkuit yang baru masuk dalam kalender MotoGP 2022 ini akan menjadi tuan rumah hingga 2024.

Baca juga: MotoGP di Mandalika Resmi Pakai Nama Pertamina Grand Prix of Indonesia

Sebelumnya, Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah digunakan untuk menggelar final World Superbike (WorldSBK) 2021. Gelaran tersebut dinyatakan sukses, meski sempat diwarnai hujan deras.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki 17 tikungan, dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Panjang keseluruhan sirkuit ini mencapai 4,3 km dengan lebar lintasan 15 meter. Untuk trek lurusnya, jaraknya mencapai 507 meter.

Tak sedikit pebalap yang menyanjung Sirkuit Mandalika. Termasuk mantan pebalap MotoGP, Scott Redding, yang musim lalu bergabung dengan tim pabrikan Ducati di WorldSBK.

Baca juga: Panasnya Indonesia, Komentar Pebalap MotoGP Usai Lari dan Bersepeda di Trek Mandalika

Redding mengatakan, ada beberapa titik yang diyakini akan menjadi zona untuk menyalip. Menurutnya, ada celah di tikungan pertama, mungkin juga di tikungan kedua.

Pertamina Mandalika International Street Circuit  di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021.   [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]Dok. Pertamina Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021. [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]

"Setelah itu, masuk ke tikungan 9, saya lihat tidak ada kesempatan, begitu pula di tikungan 10," ujar Redding, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (10/2/2022).

"Anda bisa kembali mencoba pada dua tikungan terakhir, tapi itu berisiko di sana. Jadi, Anda harus memulai balapan dengan baik," kata Redding.

Sirkuit Mandalika termasuk dalam sirkuit yang memiliki karakter cepat. Juara dunia WorldSBK 2021 Toprak Razgatlioglu memiliki kecepatan rata-rata hingga 166,6 kilometer per jam saat meraih pole position dengan ban kualifikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.