Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Emak-emak Asal Selonong Bikin Kaget Pengemudi Mobil

Video tersebut diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, memperlihatkan ibu-ibu alias emak-emak yang asal "selonong" saat mau belok di jalan utama.

Aksi itu membuat pengemudi mobil kaget. Video memperlihatkan tidak ada kecelakaan yang terjadi. Tapi menekankan bahwa kesadaran berperilaku aman saat mengendarai motor di jalan masih rendah.

Tidak jarang ditemui kejadian pemotor yang ingin belok, namun tidak menoleh ke kiri atau kanan terlebih dahulu, menyalakan lampu sein pun tidak.

Perilaku ini bisa jadi menyebalkan, apalagi jika terlibat kontak dengan mereka di mulut gang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang jarang menoleh saat manuver adalah pengendara yang tidak paham keselamatan berkendara.

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pengendara model ini tidak menghormati pengguna jalan lain. Bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Selain itu, jika tidak menoleh saat ingin manuver, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol dengan pengguna jalan lain jika tidak menoleh sebelum melakukan manuver.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/27/183520915/emak-emak-asal-selonong-bikin-kaget-pengemudi-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke