Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Punya Honda Brio? Gaji Minimal Cukup Rp 7 Juta Per Bulan

Kompas.com - 26/08/2021, 14:13 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHonda Brio merupakan mobil yang cukup digemari di rentang harga Rp 150 jutaan. Brio bahkan jadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2020.

Konsumen yang ingin membeli Brio secara kredit bisa memilih uang muka, tenor, dan cicilan yang sesuai dengan kemampuannya.

Anda yang sudah lama mengincar mobil ini harus memperhatikan pendapatan minimal, terutama jika beli secara kredit.

Baca juga: Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

Interior Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Interior Honda Brio Satya CVT

Misal untuk Brio Satya tipe termurah, yakni S M/T yang dibanderol Rp 151,4. DP yang diminta minimal 30 persen atau sekitar Rp 45,420 juta.

“Angsuran per bulannya sebesar Rp 2,366 juta selama 60 bulan atau lima tahun,” ucap salah satu pramuniaga Honda di Jakarta Pusat kepada Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

“Untuk gaji per bulan idealnya harus Rp 7 juta, karena dari leasing menghitung gaji minimal dapat tiga kali angsuran,” kata pramuniaga tadi.

Baca juga: HiAce Premio Motorhome Super Mewah Buatan BAV, Ada Kasur dan Toilet

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Sedangkan untuk Brio RS CVT, atau Brio varian teratas yang dihargai Rp 196,2 juta, konsumen harus menyerahkan DP minimal Rp 58,860 juta, dengan cicilan Rp 3,066 juta per bulan sampai 60 bulan atau lima tahun.

Dengan cicilan sekitar Rp 3 jutaan per bulan, artinya saldo tabungan Anda minimal harus mencapai Rp 9 jutaan setiap bulannya.

“Jumlah itu masih ilustrasi, konsumen masih bisa menyesuaikan jumlah DP atau masa tenor, jika ingin angsuran yang lebih ringan,” ujar pramuniaga tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com