Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Tegaskan Pakai Ban Ori Bukan Ban Vulkanisir

Kompas.com - 04/06/2021, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membantah atas dugaan yang menyebut bahwa armadanya menggunakan ban bekas yang dilapisi ulang atau biasa dikenal vulkanisir.

Sehingga, peristiwa pecahnya salah satu ban roda depan bagian kanan bus di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021) murni karena pecah ban.

"Transjakarta tak pernah menggunakan ban vulkanisir pada semua armada, baik swakelola maupun milik operator," kata Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Bus Transjakarta Diduga Pakai Ban Vulkanisir, Ini Penjelasannya

Ban bus Transjakarta terlepasDOK. TMC POLDA METRO JAYA Ban bus Transjakarta terlepas

Lebih lanjut, dikatakan bus yang rusak milik swakelola Transjakarta dengan nomor body TJ217 dengan rute operasi rute PGC-Harmoni terjadi sekitar pukul 07.30 WIB.

Kala itu, bus melintas di lampu merah Harmoni dari Juanda. Setelah diselidiki, ternyata ban pada bus terkait merupakan produksi tahun 2016.

"Sehingga saat pecah terlihat seperti vulkanisir. Harus dipahami, jika ban mengalami pecah, bukan berarti vulkanisir, sebab pada ban original pun bisa terjadi," ujar Jhony.

Baca juga: Mengapa Pengemudi dan Kru Hanya Bisa Beri Kode Saat Ada Copet di Bus?

Ia kemudian menegaskan kondisi ban masih keadaan baik. Bahkan, bus terakhir kali dilakukan uji KIR pada 9 Februari 2021 dan lulus untuk melayani seluruh masyarakat.

"Adapun saat ban pecah, pihak kepolisian mengarahkan armada untuk tetap melaju hingga halte Harmoni sehingga kondisi ban mengalami sobek di sekelilingnya," kata dia.

"Transjakarta masih melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti," tambah Jhony.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com