Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Husqvarna Vektorr, Motor Listrik Konsep dari Swedia

Kompas.com - 08/05/2021, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari setelah Husqvarna memamerikan motor listrik E-Pilen, pabrikan asal Swedia ini kembali memamerikan motor listrik konsepnya, yakni Vektorr.

Dikutip dari Motorcycle.com, Sabtu (8/5/2021), motor listrik yang masuk kategori skuter ini didesain untuk transportasi dalam kota. Vektorr Concept diklaim memiliki top speed hingga 45 km/jam dan daya jelajah mencapai 95 km.

Baca juga: Husqvarna Rilis Konsep Motor Listrik E-Pilen

Tak banyak detail teknis yang diberikan oleh Husqvarna. Namun, skuter listrik ini disebutkan mengambil basis dari Bajaj Chetak, yang merupakan bagian dari Pierer Mobility, induk perusahaan Husqvarna.

Motor listrik konsep Husqvarna VektorrDok. Motorcycle.com Motor listrik konsep Husqvarna Vektorr

Menariknya, tidak disebutkan adanya pertukaran baterai, sama seperti pada E-Pilen. Padahal, Pierer Mobility, juga memiliki KTM, adalah bagian dari konsorsium untuk pengembangan pertukaran baterai pak standar dengan Piaggio, Yamaha, dan Honda.

Nampaknya, motor listrik konsep Vektorr ini sudah dimulai pembuatannya sejak Pierer Mobility memutuskan untuk melakukan konsorsium.

Baca juga: Husqvarna 701 Enduro LR, Cuma Satu Unit di Indonesia

Disebutkan bahwa Vektorr akan memiliki tegangan yang rendah, yakni 48 V dengan motor penggerak bertenaga 5 tk. Untuk basis produksi, motor listrik ini kabarnya akan dibuat di India.

Vektorr akan mulai masuk jalur produksi pada 2022 mendatang, baik untu Vektorr maupun E-Pilen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com