Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Recall 97.290 Mobil di Indonesia, Ini Rinciannya

Kompas.com - 18/03/2021, 16:29 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya mengumumkan kampanye perbaikan atau recall, terkait masalah fuel pump.

Ada tiga model yang terimbas masalah pompa bensin tersebut, yakni Xenia, Terios, dan Srion. Sementara untuk jumlah unitnya mencapai 97.290 unit.

Untuk rinciannya, total Xenia yang terdampak masalah fuel pump sebanyak 53.246 unit dengan produksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019.

Terios 41.152 unit yang dibuat dari Desember 2017 hingga Juni 2019. Sementara Sirion sebanyak 2.892 unit yang diproduksi Januari 2018 hingga September 2019.

Baca juga: Rocky Jadi Mobil CVT Pertama Daihatsu di Indonesia

Recall Daihatsu Xenia, Terios, Sirion terkait fuel pumpDAIHATSU Recall Daihatsu Xenia, Terios, Sirion terkait fuel pump

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM mengatakan, recall dilakukan terkait adanya masalah pada pompa bensin yang berada di dalam tangki, tepatnya pada impeller.

"Dari hasil investigasi yang kami lakukan, ada impeller yang bermasalah seperti mengembang dan melengkung hingga 26 mikron. Ini melebihi toleransinya yakni 19 mikron," kata Bambang dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/3/2021).

Daihatsu Sirion 2020KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sirion 2020

"Jadi mulai hari ini kami melakukan kampanye recall untuk ketiga unit tersebut. Konsumen yang terimbas bisa melakukan perbaikan di bengkel resmi, kami sudah siapkan 160 bengkel resmi di seluruh Indonesia," kata dia.

Baca juga: Recall Avanza Malaysia Berbuntut hingga ke Indonesia

Untuk proses pergantiannya, Bambang menjelaskan Daihatsu tidak membebankan biaya kepada konsumen alias gratis. Durasi pengerjaan sekitar 1 jam lebih.

Rombongan Terios 7 Wonders jelajah keindahan Kolaka Rombongan Terios 7 Wonders jelajah keindahan Kolaka

Sementara itu, konsumen dari ketiga pemilik model tadi yang ingin mengetahui apakan unitnya terimbas recall atau tidak, akan dihubungi oleh Daihatsu, atau bisa juga melakukan pengecekan mandiri dari situs resmi Daihatsu atau menghubungi Daihatsu Access.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com