Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Lampu Mobil, Jangan Abaikan Sambungan Kabel

Kompas.com - 16/01/2021, 13:04 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perubahan atau penambahan suatu fungsi di kendaraan agar mendapatkan hasil optimal bisa dilakukan pada berbagai sektor, tidak terkecuali lampu.

Pasalnya, tak sedikit pemilik atau pengemudi yang merasa pancaran cahaya yang dikeluarkan oleh kendaraannya kurang terang sehingga dalam beberapa kasus tertentu menyulitkan penglihatan.

Hanya saja, modifikasi di bagian ini tidak bisa sembarangan. Ada aturan main yang harus dipatuhi agar hasil yang didapatkan maksimal dan tak menyalahi aturan lalu lintas jalan.

Baca juga: Bisa atau Tidak SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Ilustrasi lampu mobil.Autoguide.com Ilustrasi lampu mobil.

"Tindakan modifikasi kendaraan khususnya mobil masih sering dilakukan. Kita memang tak bisa mencegahnya, tapi kami sendiri terus mengimbau agar sesuai ketentuan dan mengerti risikonya," ucap Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ketentuan yang dimaksud ialah melakukan modifikasi tanpa mengganti warna dari lampu dan memperhatikan penyambungan kabel dengan benar. Hindari nyuntik atau hanya asal menyambung kabel, gunakanlah soket sendiri.

"Sebab risiko dari nyuntik itu bisa terjadi korsleting, jadi perhatikan bagian ini. Paling baiknya adalah modifikator terkait membuat soket sendiri untuk fungsi tambahannya," kata Anjar.

"Kalau disambung-sambung gitu dikhawatirkan pemasangan kembalinya tidak baik, jadi ada yang terkelupas. Lambat laun, bagian itu akan kena panas dan lelehannya bisa menyebabkan api," lanjut dia.

Baca juga: Mobil Bekas Daihatsu Ternyata Banyak Dicari Selama Pandemi

modifikasi lampu motorKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi lampu motor

Tanggapan serupa datang dari Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, pada kesempatan terpisah. Menurut dia, jika tidak terlalu perlukan sebaiknya prilaku modifikasi jangan dilakukan.

"Belum lagi hal ini akan menghanguskan garansi. Sebenarnya, desainer itu sudah memperhitungkan berbagai aspek sebelum memasarkan suatu produk kendaraan, termasuk pencahayaan," ujar dia.

Terkait dampak modifikasi lampu-lampu ialah beragam. Namun yang paling sering terjadi menurut Didi adalah aki soak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com