Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Bekas Daihatsu Ternyata Banyak Dicari Selama Pandemi

Kompas.com - 16/01/2021, 10:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan mobil bekas selama pandemi terbilang cukup laris tak kalah dengan mobil-mobil baru. Pasalnya, masyarakat mengurangi penggunaan transportasi umum yang menjadi kluster penyebaran Covid-19.

Di pasar mobil bekas, Daihatsu rupanya menjadi salah satu merek mobil yang paling banyak dicari. Berdasarkan data PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) pada 2020, tercatat mobil bekas Daihatsu menjadi yang terlaris kedua dengan perolehan 19 persen.

Sementara itu, Mobil88 juga mencatat hal yang sama. Daihatsu memperoleh posisi kedua dengan kontribusi 16 persen dari total penjualan di Mobil88.

Baca juga: Tanpa Integrasi, Tarif Tol Layang Jakarta-Cikampek Tembus Rp 62.500

Daihatsu Xenia Foto: Mobil Mitula Daihatsu Xenia

Elvina Afny, Head of Customer Satisfaction & Value Chain Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, mobil bekas Daihatsu jadi model yang cukup diminati dan cepat laku di pasaran.

Menurutnya, perputaran mobil Daihatsu di showroom Mobil88 kurang dari satu bulan. Bahkan pada kisaran 2-3 minggu, mobil sudah bisa terjual kembali.

“Daihatsu menyarankan konsumen memilih merek mobil terpercaya yang menawarkan beragam kemudahan dan layanan jual dan purnajual yang baik,” ujar Elvina, dalam konferensi virtual (15/1/2021).

Baca juga: Sering Jadi Pemicu Kecelakaan, Kenapa Pengemudi Hobi Ngebut di Jalan Tol?

Daihatsu Sigra Facelift Daihatsu Sigra Facelift

“Sehingga menjadi investasi saat akan dijual kembali dengan resale value yang bagus dan memiliki depresiasi yang rendah,” katanya.

Namun yang menjadi catatan, Elvina mengatakan untuk bisa mendapat harga jual tinggi, tentu konsumen harus melakukan perawatan rutin pada kendaraannya.

Salah satunya dengan menjaga history perawatan berkala di bengkel resmi, yang dibuktikan dengan buku servis.

Termasuk menjaga kondisi fisik mobil, seperti bebas baret, bebas bekas tabrak, dan kondisi masih standar. Serta kelengkapan dokumen seperti BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com