Salin Artikel

Touring Motor di Akhir Tahun, Jangan Lupakan Hal Ini


JAKARTA, KOMPAS.com - Libur akhir tahun tak sedikit yang sudah merencanakan berpergian menggunakan sepeda motor. Meski mengasyikkan jangan lupa imbauan berpergian.

Hal pertama ialah tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Ingat untuk selalu mencuci tangan, hindari kerumunan dengan orang banyak, dan memakai masker.

Selain itu jangan lupa beristirahat. Melakukan perjalanan jauh menggunakan motor butuh kondisi fisik yang prima. Badan yang lelah membuat konsentrasi berkurang.

Jaga kesehatan

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky, mengatakan, menjaga kesehatan sangat penting. Menjalankan prokes baik sebelum berkendara, saat beristirahat maupun sampai tujuan.

"Para bikers wajib menggunakan riding gear yang tepat untuk dapat menutupi seluruh bagian tubuh seperti menggunakan masker yang ditambahkan buff untuk berkendara sehingga mengurangi resiko terpapar virus," katanya dalam rilis, Senin (28/12/2020).

Lucky mengatakan, dalam berkendara jarak jauh, para bikers juga sangat dianjurkan untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum saat beristirahat.

“Cukupkan waktu istirahat dengan melakukan istirahat setiap dua jam dengan waktu istirahat setidaknya 30 menit," katanya.

"Saat beristirahat tetap menggunakan masker, serta pilihlah tempat yang sepi namun tetap aman dari kejahatan agar terhindar berkerumun dengan pengendara lainnya yang beristirahat,” ujar Lucky.

Buat Rencana Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, pengendara perlu mengetahui kondisi jalur yang akan dilalui dengan melihat aplikasi peta digital ataupun referensi bacaan yang dapat menambah informasi.

Perencanaan ini menentukan jalur yang akan dilewati, lokasi istirahat dan makan, maupun tempat pembelian bahan bakar.

“Para bikers juga perlu melihat kondisi cuaca di area yang akan dilewati, sehingga dapat memberikan gambaran kondisi selama perjalanan serta perlengkapan apa saja yang perlu dibawa saat berkendara," katanya.

"Hindari berkendara melintasi wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, carilah jalur alternatif lain,” ujar Lucky.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/28/184100115/touring-motor-di-akhir-tahun-jangan-lupakan-hal-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.