Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha XSR700 Scrambler, Asyik Dibuat Dua Alam

Kompas.com - 24/08/2020, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


LISBON, KOMPAS.com - Sejak lahir pada 2015 Yamaha XSR700 merupakan salah satu motor favorit untuk dimodifikasi. Salah satunya ialah XSR700 bertema scrambler besutan Nuno Capelo dari Capelo Garage.

Capelo itu ditunjuk oleh Yamaha Portugal ikut di ajang Yamaha Europe's Yard Built. Capelo kemudian memanggil Ricardo Santos dari Elemental Rides, untuk membatunya menghasilkan scrambler yang ciamik.

Yamaha XSR700 Scrambler Yamaha XSR700 Scrambler

Konsep dasarnya memang scrambler, tapi Capelo ingin agar motor bisa punya "kualitas off-road" yang mumpuni sambil tetap mempertahankan semangat neo-retro seperti desain asli XSR700.

Baca juga: Ketahui Ini Bahaya Mengemudi Sambil Main Ponsel

Untuk mendapat desain yang sesuai, Capelo banyak mengambil inspirasi dari motocross yang eksis tahun 70-80'an. Tangki contohnya, dibuat khusus mencontek tangki Yamaha XT500 legendaris tahun 70'an.

Tetapi Nuno dan Ricardo harus bekerja keras untuk mengatasi batasan tidak nyaman yang diberlakukan oleh rangka XSR700 dan memasangnya. sesuai dengan visi Anda.

Yamaha XSR700 Scrambler Yamaha XSR700 Scrambler

Sepatbor depan diambil dari Yamaha DT125MX sedangkan lampu depan bergaya MX tapi sudah LED. Bagian ekor menggunakan spatbor yang dimodifikasi mencontek Yamaha DT R. Jok single seat dilapis kulit sintetis.

Baca juga: Ini Efeknya jika Sering Merokok Dalam Kabin Mobil

Mesin dua silinder dibiarkan standar tidak disentuh. Hanya saja filter udara diganti menyesuaikan desain baru. Gir belakang diganti pakai 52 mata besutan DID agar tarikan lebih enteng.

Yamaha XSR700 Scrambler Yamaha XSR700 Scrambler

Suspensi depan mengadopsi punya Showa dengan diameter garpu 43 mm. Rem depan pakai cakram EBC dipadu kaliper Brembo. Sistem ABS-nya dilepas untuk meningkatkan pengendalian "off-roader murni".

Radiator dan filter oli dibuatkan pelindung. Pijakan kaki dari aluminium, knalpot baru menjulang ke atas, dan terakhir motor dilabur warna biru muda-putih dengan aksen "speed-block" yang legendaris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com