Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pole Position, Fabio Quartararo Targetkan Menang di MotoGP Spanyol

Kompas.com - 19/07/2020, 15:40 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber GPone

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, berhasil mengamankan posisi terdepan pada seri pertama MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Pemegang gelar rookie terbaik 2019 tersebut meraih pole position usai mencatatkan waktu putaran tercepat 1 menit 36,705 detik, mengalahkan Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Torehan positif ini sekaligus menjadikan Quartararo sebagai pebalap Perancis pemegang posisi terdepan terbanyak di MotoGP. Namun bukan berarti ia tak memiliki tantangan berat.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jerez, Fabio Quartararo Amankan Pole Position

Fabio Quartararo tes pramusim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia.Foto: Petronas Yamaha Fabio Quartararo tes pramusim MotoGP 2020 Sepang, Malaysia.

Pasalnya, rekan satu tim Franco Morbidelli itu beberapa kali gagal untuk mempertahankan posisinya hingga penghujung balapan. Banyak faktor yang melandasi, seperti pengalaman, ban, keseimbangan mental, dan lainnya.

"Saya senang bisa menjadi orang Perancis dengan pemegang pole paling banyak di MotoGP. Tetapi fakta yang paling penting adalah saya masih memiliki catatan nol kemenangan," kata Quartararo dilansir GPOne, Minggu (19/7/2020).

"Jadi saya akan menaruh fokus ke kemenangan karena itu targetnya, tanpa mengecilkan capaian pole position," lanjut dia.

Baca juga: Quartararo Mengaku Sulit Adaptasi dengan Yamaha M1 2020

Valentino Rossi dan Fabio QuartararoFoto: Getty Images Valentino Rossi dan Fabio Quartararo

Kali ini, Quartararo pun bertekad untuk mempertahankan posisi depan selama balapan berlangsung. Sebab, YZR-M1 miliknya sudah disesuaikan usai mengalami sedikit masalah pada sisi performa.

"Top speed tetap menjadi titik lemah, tetapi kami memiliki poin kuat di sektor lainnya. Saya tidak yakin bahwa prototipe 2020 lebih sulit untuk dikendarai daripada yang 2019," ujarnya.

"Saat melakukan latihan bebas hingga hari ini, saya sudah banyak melakukan improvent untuk menyesuaikan perubahan motor. Sehingga, saya dapat memahami semua yang dibutuhkan," kata Quartararo lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber GPone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com